Close Klik 2x

Zat Padat, Cair, dan Gas

Advertisement

Zat Padat, Cair, dan Gas – Pada materi sebelumnya, kalian sudah mempelajari mengenai ciri-ciri makhluk hidup. Pada topik ini, kalian akan mempelajari mengenai klasifikasi materi yang terdiri dari zat padat, cair, dan gas.

Sebelumnya, mari ingat kembali mengenai ciri-ciri makhluk hidup yang dapat mempermudah kita mengenali benda-benda di sekitar.

1. Ciri-Ciri Makhluk Hidup

Makhluk hidup memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
• Bernapas
• Memerlukan makan dan minum
• Bergerak
• Tumbuh dan berkembang
• Berkembang biak (reproduksi)
• Peka terhadap rangsangan
Berdasarkan ciri-ciri makhluk hidup tersebut, diharapkan kita dapat mengenali benda-benda yang terdapat di sekitar kita.

Contoh Soal:
Ketika pagi hari sering kali kita merasakan kedinginan, sementara kalau siang hari kita merasa kepanasan. Ciri makhluk hidup pada kondisi tersebut adalah….
A. memerlukan makan dan minum
B. bergerak
C. tumbuh dan berkembang
D. peka terhadap rangsangan

Kunci Jawaban: D

Pembahasan:
Kita dapat merasakan dingin dan panas dikarenakan pada diri kita memiliki reseptor yang dapat menerima rangsangan berupa perbedaan suhu.

Bagaimana sudah ingat kembali? Kalau sudah ingat kembali, mari kita lanjutkan pada topik klasifikasi materi yaitu zat padat, cair, dan gas.

2. Zat Padat, Cair, dan Gas

Benda di sekitar kita terdiri dari berbagai jenis dengan karakteristik yang berbeda-beda. Berdasarkan wujud zatnya, benda-benda di sekitar kita diklasifikasikan menjadi tiga wujud, yaitu zat padat, cair, dan gas.

Ciri-Ciri Wujud Zat

Zat padat memiliki ciri-ciri: memiliki bentuk dan volume tetap, jarak antarpartikel pada zat padat rapat, dan partikel pada zat padat tidak dapat bergerak secara bebas. Contoh zat padat diantaranya batu dan kayu.

Zat cair memiliki ciri-ciri: memiliki volume tetap tetapi bentuknya menyesuaikan dengan wadahnya, jarak antarpartikel pada zat cair renggang, dan partikel pada zat cair dapat bergerak tetapi terbatas. Contoh zat cair diantaranya air.

Zat gas memiliki ciri-ciri: memiliki bentuk dan volume yang tidak tetap, jarak antarpartikel pada zat gas sangat renggang, dan partikel pada zat gas dapat bergerak secara bebas. Contoh zat gas diantaranya gas oksigen.

Contoh Soal:
Berdasarkan klasifikasi materi, minyak goreng dikategorikan sebagai zat….
A. padat
B. cair
C. gas
D. amorf

Kunci Jawaban: B

Pembahasan
Minyak goreng memiliki karakteristik volume tetap, tetapi bentuknya dapat menyesuaikan dengan wadah yang ditempatinya. Jika disimpan di dalam botol, bentuknya mengikuti bentuk botol, jika disimpan dalam wadah yang berbentuk kotak, bentuknya akan mengikuti bentuk kotak. Sesuai ciri tersebut, minyak goreng termasuk zat cair.

Zat Padat, Cair, dan Gas | lookadmin | 4.5