Tujuan dan Jenis-Jenis Pidato

Tujuan dan Jenis-Jenis Pidato – Pidato mempunyai fungsi sosial yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Pidato adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak, wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak (KBBI, 1990: 766).

Setiap kegiatan yang dilakukan oleh anusia pasti memiliki tujuan, begitu juga dengan kegiatan berbicara. Kegiatan berbicara memiliki tujuan yang akan disampaikan kepada pendengar dan penyimak. Tujuan utama berbicara adalah untuk berkomunikasi. Agar dapat menyampaikan pikiran secara efektif dan ekspresif maka seharusnya pembicara memahami makna segala sesuatu yang ingin disampaiakn terhadap pendengar.

Tujuan Pidato
1. Menyampaiakan informasi
2. Menjamu atau menghibur
3. Membujuk, meyakinkan, dan mengajak
4. Menyatakan sesuatu

Jenis-Jenis Pidato

Berdasarkan ada-tidaknya persiapan dan sesuai dengan cara yang dilakukan waktu persiapan, pidato dapat dibagi menjadi empat.

1. Impromptu

Pidato jenis ini dilakukan jika pembicara tiba-tiba disuruh untuk maju ke depan untuk berpidato sehingga pembicara berbicara tanpa persiapan.

2. Manuskrip

Pembicara berbicara dengan membawa teks pidato sehingga pembicara sangat bergantung pada teks yang dibawa.

3. Memoriter

Pembicara berbicara di depan massa dengan hafalan. Sebelum berbicara, pembicara menyiapkan naskah untuk dihafal.

4. Ekstemporer

Pidato ini merupakan jenis pidato yang paling baik dan paling sering dilakukan oleh juru pidato. Pembicara tidak menghafalkan kata demi kata tetapi pembicara berbicara hanya berdasarkan out-line (garis besar) dan pokok-pokok penunjang pembicaraan. Out-line hanya digunakan sebagai pedoman untuk mengatur gagasan yang ada dalam pikiran.

Berdasarkan isinya, pidato dapat dibagi menjadi tiga :

1. Pidato informatif

Pidato informative bertujuan untuk menanamkan pengertian kepada pendengar. Oleh Karena itu, secara keseluruhan pidato informative harus jelas, logis, dan sistematis.

Pidato jenis ini biasanya digunakan dalam kegiatan seminar.

2. Pidato persuasif

Tujuan akhir dari pidato persuasive adalah mempengaruhi sikap dan tindakan pendengar. Pidato persuasive bertujuan (1) menarik perhatian, (2) meyakinkan, (3) menyentuh atau menggerakkan.

Pidato jenis ini biasanya digunakan dalam kampanye pemilihan presiden, ketua OSIS, dsb.

3. Pidato rekreatif

Pidato rekreatif bertujuan untuk menghibur pendengar, melepaskan ketegangan, dan menggairahkan suasana.

Tujuan dan Jenis-Jenis Pidato | lookadmin | 4.5