Close Klik 2x

Teknik Penyampaian Persetujuan atau Dukungan

Advertisement

Teknik Penyampaian Persetujuan atau Dukungan – Memberikan persetujuan atau dukungan terhadap artikel yang terdapat dalam media cetak atau elektronik.

Pada topik ini, kalian akan mempelajari teknik penyampaian persetujuan atau dukungan terhadap artikel yang kalian baca atau dengar dalam media massa, baik cetak maupun elektronik

Pengertian Artikel

Artikel adalah tulisan yang berisi pendapat atau penilaian seseorang terhadap suatu hal atau peristiwa disertai dengan argumentasi yang kuat. Artikel juga dapat berisi mengenai informasi penting, menarik, dan bermanfaat bagi pembacanya. Artikel biasanya ditulis di media massa, baik cetak maupun elektronik.

Persetujuan terhadap Artikel

Artikel yang ada dalam media cetak atau media elektronik bisa jadi menimbulkan dua sikap yang berbeda bagi pembacanya, yaitu setuju atau tidak setuju. Jika seseorang tidak setuju dengan isi artikel yang dibacanya, dia dapat menyampaikan kritik terhadap artikel tersebut. Sebaliknya, jika pembaca setuju, dia dapat menyampaikan persetujuan atau dukungan terhadap isi artikel tersebut.

Teknik Penyampaian Persetujuan atau Dukungan

Teknik penyampaian persetujuan atau dukungan tersebut adalah sebagai berikut.

1. Membaca secara cermat artikel yang akan ditanggapi;

2. Mendata berbagai informasi yang didapatkan dari artikel yang Anda baca atau dengar dengan menyebutkan sumber aslinya;

3. Rumuskan beragam persoalan yang muncul dari informasi yang telah dihimpun, terutama persoalan yang sedang hangat terjadi dalam masyarakat. Rumusan ini dapat menyangkut apa masalah yang dibicarakan, siapa yang menimbulkan masalah, bagaimana masalah tersebut diselesaikan, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan masalah tersebut.

4. Kemukakan persetujuan atau dukungan terhadap persoalan tersebut disertai dengan argumentasi atau alasan yang kuat.

Kalimat Persetujuan
Dalam menyampaikan persetujuan atau dukungan terhadap sebuah artikel, maka perlu digunakan kalimat-kalimat persetujuan. Kalimat persetujuan di antaranya ditandai dengan berbagai macam kata atau frase berikut ini.
1. Saya setuju dengan ….
2. Saya sependapat dengan .…
3. Saya mendukung ….
4. Tidak jauh berbeda dengan apa yang disampaikan ….
5. Menurut saya, hal tersebut adalah benar. Maka, ….

Contoh Persetujuan atau Dukungan terhadap Artikel

Saya membaca salah satu artikel dalam koran Suara pada 28 Januari 2015 bahwa pemerintah akan tegas memberlakukan denda bagi pembuang sampah sembarangan. Di dalam artikel tersebut disebutkan bahwa peraturan tersebut sebenarnya sudah tertulis dalam peraturan pemerintah namun pelaksanaan belum optimal. Maka, saat ini peraturan tersebut akan benar-benar ditegakkan.

Menanggapi hal tersebut, saya sangat setuju dengan keputusan tersebut. Sampah adalah masalah terbesar yang dihadapi negara ini. Banyak musibah yang disebabkan masyarakat membuang sampah sembarangan, seperti banjir di berbagai kota di Indonesia. Oleh sebab itu, semoga pemerintah dapat benar-benar menerapkan peraturan denda tersebut sehingga masyarakat semakin sadar pentingnya membuang sampah pada tempatnya.

Poin Penting

  1. Artikel adalah tulisan yang berisi pendapat seseorang terhadap berbagai hal atau informasi yang bermanfaat untuk orang lain yang biasanya ditulis di media massa.
  2. Isi artikel yang dibaca atau didengar dapat menimbulkan dua sikap berbeda bagi pembacanya, yaitu setuju atau tidak setuju.
  3. Teknik penyampaian persetujuan antara lain: (a) membaca, (2) mendata, (3) merumuskan, dan (4) mengemukakan persetujuan.
  4. Persetujuan atau dukungan terhadap isi artikel ditandai dengan kalimat persetujuan, seperti: saya setuju dengan …, saya sepakat dengan …, dan lain-lain.
Teknik Penyampaian Persetujuan atau Dukungan | lookadmin | 4.5