Close Klik 2x

Teknik Menyampaikan Kritik yang disertai Alasan

Advertisement

Teknik Menyampaikan Kritik yang disertai Alasan – Siswa mampu memberikan kritik terhadap informasi dari media cetak dan atau elektronik.

Pada topik ini kalian akan mempelajari tentang teknik untuk menyampaikan kritik yang disertai alasan dengan baik.

Penyampaian Kritik

Kritik merupakan sebuah penyampaian pendapat berupa evaluasi yang bertujuan untuk meningkatkan apresiasi, pemahaman, dan juga membantu untuk memperbaiki kesalahan atau kekurangan. Sekarang ini informasi bisa dengan cepat disampaikan kepada publik baik melalui medaia cetak atau melalui media elekstronik.

Penyampaian informasi tersebut telah banyak membantu untuk memenuhi kebutuhan informasi masyarakat setiap harinya. Hanya saja, tidak semua informasi bisa disampaikan dengan baik bahkan tidak menutup kemungkinan ada beberapa informasi yang kebenarannya bisa dikatakan meragukan. Oleh karena itu, munculah kritik terhadap informasi tersebut. Penyampaian kritik dari penerima informasi kepada penyampai informasi merupakan hal yang wajar dan bukan sebuah masalah untuk disampaikan.

Penyampaian kritik bertujuan untuk membantu memperbaiki kesalahan atau kekurangan dan juga untuk membantu membangun cara penyampaian informasi yang lebih baik lagi. Penyampaian kritik sendiri tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Ada cara-cara yang baik dan benar untuk menyampaikan kritik terutama kritik terhadap media cetak dan juga media elektronik. Dalam penyampaian kritik ada etika yang perlu diperhatikan agar kritik yang disampaikan bisa diterima dengan baik dan benar-benar membantu untuk bisa menyelesaikan permasalahan yang ada.

Contoh etika dalam menyampaikan kritik di antaranya sebagai berikut.

  1. Penyampaian kritik menggunakan bahasa yang baik dan benar.
  2. Kritik disampaikan melalui media yang tepat sesuai yang sudah ditentukan oleh pihak media yang bersangkutan, misalnya melalui email khusus kritik di media tersebut.
  3. Isi kritik tidak memojokkan atau menghakimi pihak penyampai informasi.
  4. Menjelaskan dengan rinci isi kritik dan juga tepat sasaran.

Teknik Penyampaian Kritik Disertai Alasan

Penyampaian kritik terhadap media baik media cetak maupun media elektronik tidak boleh sembarangan apalagi menggunakan bahasa yang kasar dan tidak sopan. Seperti beberapa contoh etika yang sudah dibahas di atas, penyampaian kritik yang baik adalah yang bisa ikut berkontribusi untuk memperbaiki kesalahan atau kekurangan agar sama-sama bisa memberikan hal yang positif terhadap apa yang menjadi isi dari informasi tersebut.

Dalam penyampaian kritik sendiri ada baiknya disertai dengan alasan-alasan yang kuat dan logis. Alasan tersebut menjadi dasar mengapa kritik bisa disampaikan oleh seseorang. Ada banyak alasan yang bisa melatarbelakangi munculnya kritikan terhadap sebuah informasi yang disampaikan oleh media baik cetak ataupun elektronik.

Ada teknik-teknik tertentu untuk menyampaikan kritik disertai alasan. Teknik penyampaian kritik tersebut di antaranya sebagai berikut.

1. Misalnya untuk informasi yang disampaikan oleh media cetak berupa artikel. Bacalah artikel tersebut dengan baik dan saksama.

2. Buatlah data-data informasi dari artikel tersebut.

3. Catatlah berbagai informasi dari artikel yang bersangkutan dengan tidak lupa juga untuk mencantumkan sumbernya.

4. Merumuskan pokok-pokok permasalahan yang menyebabkan perdebatan umum dalam masyarakat yang disampaikan dalam artikel tersebut. Contohnya seperti isu apa yang dimunculkan, latar belakang kemunculan isu tersebut, kapan isu tersebut dimunculkan, dan lain-lain.

5. Berdasarkan data-data informasi yang sudah didapatkan, buatlah kritikan yang disertai dengan alasan.

6. Kritikan tersebut menggunakan bahasa yang baik dan benar, sopan, tidak terkesan menghakimi, tepat sasaran, dan alasan yang dibuat juga logis dan sesuai dengan kenyataan yang ada.

7. Sampaikan kritikan melalui media yang sudah disediakan misalnya kotak kritik, email untuk menampung kritikan, atau menghubungi nomor telepon yang disediakan khusus untuk menampung kritikan.

Poin Penting

  1. Kritik disampaikan dengan bahasa yang baik dan sopan.
  2. Membuat kritik dengan alasan yang jelas dan tepat.
  3. Merumuskan permasalahan terlebih dahulu sebelum menuliskan kritik.
Advertisement
Teknik Menyampaikan Kritik yang disertai Alasan | lookadmin | 4.5