Close Klik 2x

Tekanan Zat Padat

Advertisement

Tekanan Zat Padat – Pada topik ini, kalian akan belajar tentang tekanan. Secara umum, tekanan dibagi menjadi tiga yaitu tekanan pada zat padat, zat cair dan zat gas. Penjelasan lebih lengkap mengenai tekanan zat cair dan gas akan kalian pelajari pada topik selanjutnya. Pada topik ini, kalian hanya akan mempelajari tekanan pada zat padat. Sebelum mempelajari lebih lanjut tekanan pada zat padat, coba kalian amati peristiwa-peristiwa di sekitar yang melibatkan konsep tekanan di dalamnya.

► Bebek dan ayam merupakan unggas yang memiliki bentuk kaki hampir sama, akan tetapi kedalaman jejak kaki yang ditinggalkan keduanya berbeda. Taukah kalian mengapa hal itu terjadi? Kedalaman jejak kaki yang ditinggalkan menunjukkan adanya perbedaan tekanan yang diberikan oleh kedua hewan tersebut. Cobalah kalian ingat kembali, kaki bebek memiliki selaput pada permukaannya, sedangkan kaki ayam tidak memilikinya. Selaput permukaan ini akan berpengaruh pada luas permukaan yang dihasilkan, sehingga kaki bebek memiliki luas permukaan yang lebih besar jika dibandingkan dengan kaki ayam. Hal inilah yang menyebabkan kedalaman jejak yang ditinggalkan berbeda.

► Bagaimana perbandingan seekor gajah dan kucing ketika sedang berjalan di atas tanah yang becek? Gajah akan terperosok lebih dalam dibandingkan kucing. Hal ini disebabkan gajah memiliki gaya berat yang lebih besar dibandingkan dengan kucing.

        Berdasarkan beberapa contoh di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa, semakin besar gaya tekan yang diberikan, semakin besar pula tekanan yang dihasilkan. Akan tetapi, semakin besar luas bidang tekan/ luas permukaaan suatu benda maka semakin kecil tekanan yang dihasilkan. Dengan demikian, tekanan berbanding lurus dengan gaya tekan dan berbanding terbalik dengan luas permukaan. Secara matematis, tekanan dapat dituliskan sebagai berikut.

Keterangan:
P = tekanan (N/m2);
F = gaya tekan (N); dan
A = luas bidang tekan (m2).

        Jadi, definisi tekanan adalah besarnya gaya yang terjadi tiap satuan luas bidang tekan. Pada kasus ini, tekanan hanya bekerja pada zat padat, sehingga gaya berat suatu benda juga akan berpengaruh pada tekanan yang dihasilkan. Tekanan merupakan besaran skalar karena tidak melibatkan arah di dalamnya. Satuan Internasional (SI) untuk gaya adalah N dan untuk luas bidang tekan adalah m2, sehingga satuan tekanan adalah N/m2 atau biasa disebut Pascal (disingkat Pa).

Contoh Soal

Seorang anak yang sedang berjalan menggunakan sepatu hak tinggi memiliki berat 100 N. Ia melangkah dengan luas ujung sepatu hak tinggi yang menekan permukaan tanah adalah 50 cm2. Berapakah tekanan yang diberikan anak itu terhadap tanah ?
Penyelesaian
Diketahui:
W = 100 N
A = 50 cm2 = 5 x 10-3 m2
Ditanyakan: P ?
Jawab:

Jadi, tekanan yang dihasilkan adalah 20000 N/m2.

Tekanan Zat Padat | lookadmin | 4.5