Tata Cara Protokoler Pembawa Acara

Advertisement

Tata Cara Protokoler Pembawa Acara – Siswa dapat mengetahui tata cara protokoler pembawa acara.

Pada topik kali ini, kalian akan mempelajari tentang tata cara protokoler pembawa acara. Mungkin, kalian sudah sering memperhatikan dan menyaksikan suatu acara. Misalnya, di sekolah kalian selalu mengadakan acara upacara bendera. Pada pelaksanaan acara upacara bendera tersebut, kalian dapat menyaksikan orang yang memandu jalannya upacara. Orang yang memandu upacara/suatu acara disebut pemandu acara atau pembawa acara.

Protokol dan Protokoler
Protokol adalah peraturan resmi yang berlaku dalam suatu kegiatan acara atau upacara. Sebagai contoh adalah protokol untuk melaksanakan upacara bendera dalam acara kenegaraan atau acara resmi. Hal-hal yang diperlukan adalah sebagai berikut.

• kelengkapan upacara;
• perlengkapan upacara;
• urutan acara dalam upacara.

Protokoler adalah sesuatu yang berhubungan dengan protokol; tata cara. Contoh acara protokoler, yaitu acara kenegaraan dan acara adat (upacara adat). Misalnya, upacara pengibaran bendera di istana negara dalam rangka hari ulang tahun negara dan acara pernikahan. Sebagai contoh, perhatikan protokoler urutan acara upacara bendera HUT RI berikut ini!

  1. Pengibaran Pusaka Merah Putih diiringi dengan lagu Indonesia Raya;
  2. Mengheningkan cipta;
  3. Detik-detik Proklamasi diiringi dengan tembakan meriam, sirine, bedug, lonceng, dan lain-lain satu menit.
  4. Pembacaan Teks Proklamasi;
  5. Pembacaan doa.

Urutan di atas merupakan salah satu protokoler untuk diketahui oleh pembawa acara pada upacara HUT RI.
Dengan adanya protokoler tersebut, pembawa acara diharapkan bisa membawakan acara upacara dengan baik dan lancar. Pada acara yang bersifat umum (tidak resmi), urutan seperti itu dapat disebut sebagai susunan acara. Pembawa acara harus mengikuti panduan membawakan acara dengan memperhatikan susunan acara yang ada.

Pembawa Acara
Pembawa acara adalah orang yang mamandu acara dari awal sampai akhir. Seorang pembawa acara diwajibkan untuk mengikuti dan menjalankan protokol yang berlaku dalam suatu acara, supaya pembawa acara tersebut bisa melangsungkan kegiatan acara dengan baik dan khidmat.

Tata Cara Protokoler Pembawa Acara
Tata cara protokoler pembawa acara merupakan serangkaian tugas-tugas penting dan hal-hal pokok yang harus diketahui, diikuti, dan dijalankan seorang pembawa acara. Protokoler pembawa acara tersebut, antara lain:

  1. berpenampilan dan berperilaku sesuai protokol;
  2. berbahasa sesuai protokol;
  3. membuka acara sesuai protokol;
  4. memandu acara dan peserta acara sesuai protokol; dan
  5. menutup acara sesuai protokol.

Poin Penting

• Simak dan cermati jenis-jenis acara! Temukan perbedaan dalam setiap jenis rangkaian acaranya!
• Pembawa acara yang baik adalah pembawa acara yang bisa memandu acara dengan benar dan memberikan kesan positif.

Advertisement
Tata Cara Protokoler Pembawa Acara | lookadmin | 4.5