Stuktur Teks Pengumuman

Stuktur Teks Pengumuman – Siswa memahami stuktur teks pengumuman.

Pada pelajaran sebelumnya, kamu sudah mengenali jenis-jenis teks pengumuman dan karakteritsiknya. Ayo kita ingat-ingat kembali dengan mencocokkan gambar dengan pengumumannya di bawah ini.

Bagaimana? Mudah, bukan? Akan tetapi, kamu pasti memerlukan waktu sejenak untuk mencocokkan teks pengumuman di bagian kanan dengan tempat pengumuman tersebut berada. Itu karena di dalam pengumuman hanya terdapat informasi inti tanpa ada penjelasan. Semua pengumuman tersebut memiliki struktur yang belum lengkap.

Struktur Teks Pengumuman
Struktur teks pengumuman adalah susunan bagian-bagian pengumuman yang harus diperhatikan saat menulis sebuah teks pengumuman. Secara umum, struktur pengumuman terdiri atas beberapa unsur berikut.

  1. Kepala, yaitu bagian paling awal yang memuat nama lembaga atau instansi yang membuat pengumuman, tempat bekerja si pembuat pengumuman, serta judul pengumuman;
  2. Isi, yaitu bagian pokok pengumuman berupa informasi yang ditulis secara santun, efektif, dan komunikatif;
  3. Kaki, yaitu bagian yang memuat tanggal dibuatnya pengumuman, nama pembuat, jabatan, dan tanda tangan si pembuat pengumuman.

Namun demikian, struktur teks pengumuman tersebut tidak selalu terdiri atas unsur-unsur yang lengkap sebagaimana disebutkan di atas. Struktur teks pengumuman yang memiliki unsur lengkap seperti di atas biasanya berupa pengumuman resmi yang ditulis oleh instansi atau lembaga tertentu. Misalnya: pengumuman sekolah mengenai hari libur, pengumuman OSIS mengenai karyawisata, pengumuman bank mengenai laporan keuangan, dan sebagainya.

Beberapa teks pengumuman lainnya ditulis secara lebih sederhana. Bagian kepala dapat diisi oleh judul pengumuman, seperti “Pengumuman”, “Perhatian”, dan sebagainya. Bagian isi biasanya ditulis dengan informasi yang ditulis secara lugas dan langsung.m Begitu juga dengan bagian kaki yang hanya ditulis nama atau jabatan pembuat pengumuman.

Namun demikian, hal yang paling penting dalam sebuah pengumuman adalah informasi yang hendak disampaikan sudah sesuai dengan karakteristik pengumuman, yaitu santun, efektif, dan komunikatif. Kamu juga dapat membuat pengumuman secara lugas dan sederhana dengan tujuan informasi yang hendak disampaikan mudah dimengerti oleh khalayak umum yang dituju oleh pengumuman yang kamu buat.

Sebagai contoh, berikut teks pengumuman dengan struktur yang lengkap:

Ada pun struktur teks pengumuman yang lebih sederhana dapat dilihat sebagai berikut.

Poin Penting

  1. Secara umum, teks pengumuman terdiri atas tiga bagian, yaitu kepala, isi pengumuman, dan kaki;
  2. Struktur teks pengumuman tidak mutlak mengikuti susunan kepala, isi, dan kaki;
  3. Struktur teks pengumuman yang lengkap biasanya digunakan dalam teks pengumuman resmi.
Stuktur Teks Pengumuman | lookadmin | 4.5