Struktur Laporan

Struktur Laporan – Siswa dapat memahami struktur laporan.

Perhatikan laporan berikut ini.

Oke adik-adik… bagaimana pendapat kalian setelah membaca cuplikan laporan beritanya? Kalian mendapatkan wawasan? Atau kalian penasaran? Bisakah kalian menyimpulkan isi laporan berita tersebut?

Seperti sudah dibahas pada bab sebelumnya, agar mengetahui pokok-pokok isi laporan tersebut, ajukanlah enam pertanyaan yang terangkum dalam ADIK SIMBA.
Rumus tersebut menyangkut enam pertanyaan berikut:
a. Apa peristiwanya?
b. DI mana terjadinya peristiwa tersebut?
c. Kapan terjadinya peristiwa tersebut?
d. Siapa yang mengalami peristiwa tersebut?
e. Mengapa peristiwa itu terjadi?
f. BAgaimana proses kejadiannya?

Nah, ternyata keenam pertanyaan tersebut lazim disebar penempatannya pada beberapa bagian laporan berita, yaitu bagian awal, tubuh, dan akhir berita. Untuk lebih jelasnya lihatlah bagan Piramida Terbalik berikut:

Pada awal pemberitaan, biasanya diisi oleh kata kunci “SI ADIK” yaitu data-data laporan berupa Siapa, Apa, DI mana, dan Kapan. Oleh karena itu, pada bagian tersebut disebut bagianLEAD atau Kepala Berita atau Teras Berita.

Pada bagian lead, terdapat ciri-ciri berikut:
1. Bahasanya ringkas: kata-kata tidak boros
2. Alenia ditulis secara ringkas: tidak lebih dari empat baris
3. Biasanya menggunakan kata-kata aktif supaya kalimatnya bernyawa dan bertenaga
4. Terdapat kata-kata bombastis untuk menarik pembaca, seperti: Ditemukan tewas…..

Bagian berikutnya merupakan bagian Tubuh Berita yang menguraikan atau menegaskan kembali bagian lead dalam pembahasan yang lebih terperinci. Pembahasan tersebut dapat berupa kutipan-kutipan, fakta tambahan, atau latar belakang. Dalam beberapa Tubuh Berita dapat ditemukan juga jawaban dari pertanyaan Mengapa dan Bagaimana.

Ekor Berita sifatnya sebagai pelengkap laporan itu sendiri. Di akhir pelaporan berita biasanya diletakkan antiklimaks dari keseluruhan persoalan.

Dalam bangun Piramida Terbalik tersebut, segi kepentingan berita secara struktur, semakin ke bawah semakin berkurang. Bagian awal merupakan bagian pokok dan semakin ke bawah laporan berita itu merupakan perinciannya, yang sifatnya tidak terlalu penting.

Poin Penting

Stuktur terpenting terletak pada lead. Oleh sebab itu, jika pembaca/penonton tidak punya waktu, dia cukup membaca/menonton bagian awal untuk mengambil informasi penting.

Struktur Laporan | lookadmin | 4.5