Close Klik 2x

Struktur dan Komposisi Teks Pidato

Advertisement

Struktur dan Komposisi Teks Pidato – Siswa mampu menyusun teks pidato.

Tujuan
Siswa mengetahui struktur dan komposisi teks pidato.

Pernahkah kalian mendengarkan pidato? Atau kalian pernah berpidato? Dalam pembelajaran kali ini, kalian akan diajak untuk belajar berpidato. Sebelum menyusun sebuah pidato, kalian tentu harus mengetahui dulu seperti apa itu pidato. Tujuan pembelajaran kali ini sendiri adalah agar kalian mengetahui struktur dan komposisi teks pidato sehingga mampu menyusun teks pidato.

Apa itu pidato? Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pidato diartikan sebagai (1) Pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak; (2) Wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak. Dengan demikian, bisa diartikan pidato adalah sebuah ujaran dalam mengungkapkan pikiran atau ide dalam bentuk lisan yang disampaikan di depan khalayak ramai. Contoh pidato antara lain pidato sambutan acara, pidato kenegaraan, pidato peringatan hari nasional, dan sebagainya. Pidato memiliki stuktur dan komposisi yang membangun.

Berikut ini struktur dari sebuah pidato.

• Salam Pembuka
Salam pembuka ini merupakan bagian yang paing awal. Umumnya diawali dengan kata pembuka seperti Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Salam sejahtera untuk kita semua, atau Bapak, Ibu, dan hadirin sekalian yang terhormat.

• Pendahuluan
Pendahuluan merupakan pengantar kepada pokok materi yang akan disampaikan dalam pidato tersebut. Bagian-bagian dari pendahuluan ini berisi hal-hal berikut :
• Rasa syukur, seperti Puji syukur kepada Tuhan.
• Ucapan terima kasih untuk pihak tertentu, seperti Saya sampaikan terima kasih kepada Bapak Kepala Sekolah yang telah mengizinkan terselenggaranya acara ini.
• Maksud dari menyampaikan pidato, seperti Dalam kesempatan kali ini, saya ingin mengajak Saudara-Saudara untuk menjadikan lingkungan kita tetap berseri.

• Isi
Dalam bagian isi ini, terdapat inti pidato. Pembicara akan mengemukakan berbagai materi dan persoalan dalam pidato. Dalam menyampaikan pidato, sampaikanlah pidato sejelas mungkin dengan disertai ilustrasi atau cerita yang berkenaan dengan materi pidato.

• Penutup
Penutup berisi simpulan. Pembicara akan menyimpulkan berbagai hal yang sudah diungkapkan, dijelaskan atau pun dianjurkan kepada audiens. Sampaikan simpulan secara singkat dan mengena. Di bagian ini kalian juga bisa menyampaikan rasa terima kasih kepada pihak yang telah mendukung terlaksananya pidato tersebut. Kalian bisa menggunakan kalimat Atas perhatian Bapak dan Ibu, saya ucapkan terima kasih.

• Salam Penutup
Salam penutup merupakan bagian paling akhir dari sebuah pidato. Kalian bisa menutup pidato dengan Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh atau cukup selamat siang/malam/pagi.

Perhatikan teks pidato berikut.

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh ————————— Salam Pembuka
Yang terhormat Bapak/Ibu Kepala Desa
Yang terhormat Bapak/Ibu Ketua RW
dan yang saya kasihi masyarakat kampung Sugeng Galuh

Pertama-tama mari kita sampaikan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan karunianya sehingga hingga saat ini kita masih diberikan umur dan berbagai kenikmatan. Tanpa ridho-Nya, tentu kita tidak bisa berkumpul untuk menyelenggarakan peringatan HUT RI.

Saya selaku Ketua RT ingin juga menyampaikan terima kasih kepada Bapak Kades yang telah membuat acara ini terselenggaran. Acara ini merupakan puncak dari acara-acara perlombaan yang sudah diselenggarakan sepekan terakhir ini.

Hadirin sekalian,
Dalam pidato ini, saya hanya ingin mengajak agar Anda semua, terutama saya pribadi untuk terus mengenang jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan negara Indonesia.

Saudaraku, telah berpuluh tahun negara kita merdeka. Namun hingga kini kita belum bsa menikmati kemerdekaan itu seutuhnya. Jika zaman dulu kita dijajah oleh bangsa penjajah, kini bangsa kita dijajah oleh hal lain seperti media elektronik. Televisi misalnya. Banyak anak bahkan orang tua yang malah terjajah oleh televisi.

Banyak waktu yang terbuang hanya untuk menonton televisi. Padahal, waktu tersebut bisa digunakan untuk hal lain.Dalam mengisi kemerdekaan, sebagai warga negara yang baik, kita juga harus terus hidup rukun. Janganlah hal yang sepele membuat kita menjad tercerai-berai. Kerukunan, rasa tenggang rasa, an gotong royong arus terus dijaga sampai kapanpun.

Saudaraku, marilah kita mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang positif dan bermanfaat untuk orang lain dan negara. Janganlah terbuai dengan hal-hal yang tidak bermanfaat.

Cukuplah sekian sambutan dari saya. Terima kasih untuk semua pihak yang telah turut menyukseskan acara ini. Terima kasih juga untuk saudara MC yang telah memberikan waktu untuk saya memberikan sambutan ini.

Akhir kata, wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh. ———- Salam Penutup

Poin Penting

• Pidato adalah sebuah bentuk ujaran yang disampaikan di depan khalayak ramai.
• Pidato bertujuan untuk menghibur, menginformasikan, atau mengajak audiens.
• Struktur dari sebuah pidato antara lain salam pembuka, pendahuluan, isi, dan salam penutup.

Struktur dan Komposisi Teks Pidato | lookadmin | 4.5