Close Klik 2x

Struktur dan Kaidah Proposal

Advertisement

Struktur dan Kaidah Proposal – Siswa mampu mempresentasikan program kegiatan/proposal.

Adik-adik, kali ini kita sampai pada kompetensi berbicara. Materi pembelajaran yang dipelajari adalah mengenai struktur dan kaidah proposal. Tentunya setelah pembelajaran kali ini, diharapkan kalian dapat mempresentasikan tujuan dari materi pembelajarannya di dalam kelas. Misalnya saja, kelas kalian dibagi menjadi beberapa kelompok. Jangan lupa untuk membagi siswa ahli secara merata pada tiap kelompok. Masing-masing kelompok diberikan tema tersendiri, contohnya: pelaporan proposal pensi di sekolah kalian.

Sebuah proposal dibuat sebagai usulan atau rancangan dari program kegiatan yang akan dilaksanakan. Proposal disusun secara tertulis yang ditujukan kepada pihak tertentu agar kegiatan yang direncanakan dapat terlaksana sesuai program. Selain ditujukan untuk mendapatkan persetujuan, proposal juga dimaksudkan agar mendapatkan donatur untuk kegiatan yang akan diadakan.

Dalam istilah lain, proposal sering disebut pula sebagai usulan kegiatan. Nah, dalam usulan kegiatan tersebut haruslah dirinci segala rencana yang akan dilaksanakan dengan jelas dan lengkap.

Agar menjadi sebuah usulan yang lengkap, proposal perlu syarat-syarat tertentu. Berikut adalah kaidah dalam menyusun sebuah proposal.
1. Proposal disusun dengan struktur dan logika yang jelas.
Hal ini penting mengingat, kata-kata subjektivitas, seperti kata mungkin, sebaiknya, atau seyogyanya menunjukan sikap ragu-ragu. Dengan demikian, proposal harus memakai kata-kata yang bersifat meyakinkan, seperti akan, harus, atau tentu.
2. Hasil kegiatan harus terukur.
Sebelum menyusun proposal, haruslah survey segala yang akan dilaksanakan dengan baik sehingga angka-angka yang didapatkan pasti bukan perkiraan.
3. Rumuskan jenis kegiatan dengan jelas, kreatif, dan rinci.
4. Perhitungkan dana secara rasional, jangan mengada-ada.

Setelah perencanaan dan survey telah jelas benar, tinggal menyusunnya ke dalam proposal. Di bawah ini adalah struktur proposal yang umum digunakan. Namun, penyesuaian bisa dilakukan bergantung jenis proposal yang diinginkan.

A. Proposal Penelitian
a. Latar belakang masalah
b. Rumusan masalah
c. Tujuan penelitian
d. Asumsi
e. Hipotesis
f. Metode Penelitian
g. Lokasi dan sampel penelitian
h. Jadwal penelitian
i. Biaya penelitian
j. Daftar pustaka

B. Proposal Kegiatan
a. Nama kegiatan
b. Latar belakang
c. Tujuan
d. Jenis-jenis kegiatan
e. Panitia pelaksana
f. Waktu dan tempat pelaksanaan
g. Jadwal kegiatan
h. Biaya
i. Lembar pengesahan

Poin Penting

Proposal penelitian ditujukan untuk menjabarkan kegiatan penelitian sekaligus masa penelitian tersebut akan berlangsung.

Struktur dan Kaidah Proposal | lookadmin | 4.5