Close Klik 2x

Sistematika Teks Pidato, Ceramah, dan Khotbah

Advertisement

Sistematika Teks Pidato, Ceramah, dan Khotbah – Siswa dapat mengetahui sistematika teks pidato/ceramah/khotbah.

Pengertian Pidato/Khotbah/Ceramah
Pidato adalah ungkapan pikiran seseorang yang dituangkan dalam bentuk kata-kata dan diungkapkan secara lisan kepada khalayak ramai. Pidato disebut juga khotbah atau ceramah.

Sistematika Teks Pidato/Khotbah/Ceramah
Salah satu persiapan yang penting dilakukan sebelum berpidato adalah menulis teks pidato, terutama jika pidato tersebut dilakukan dengan teknik menghafal dan naskah. Teks pidato yang baik harus disusun sesuai dengan sistematikanya. Secara umum, sistematika teks pidato terdiri atas bagian berikut ini:

1. Pendahuluan
Bagian ini merupakan bagian awal sebuah teks pidato. Poin-poin yang termasuk ke dalam bagian pendahuluan adalah sebagai berikut.
a. Salam pembuka, yaitu salam yang digunakan untuk membuka pidato. Misalnyaassalamualaikum, salam sejahtera, dan selamat pagi.
b. Ucapan terima kasih, yaitu kalimat yang menyatakan rasa terima kasih kepada pihak-pihak yang terkait dengan berlangsungnya pidato. Misalnya ungkapan syukur kepada Tuhan danucapan terima kasih kepada juri atau tamu undangan.
c. Pengenalan topik, tema, atau judul. Pada bagian pendahuluan, topik, tema, atau judul pidato perlu disebutkan sebelum masuk ke dalam materi pokok.

2. Isi
Bagian isi memuat materi pokok yang dibahas dalam pidato. Materi harus dijelaskan dengan baik dengan menggunakan bahasa yang efektif. Untuk menguatkan pendapat dalam materi yang disampaikan, diperlukan referensi atau bahan bacaan tambahan lainnya.

3. Penutup
Poin-poin yang termasuk ke dalam bagian penutup adalah sebagai berikut.
a. Kesimpulan materi yang telah disampaikan
b. Ungkapan penutup, misalnya ungkapan terima kasih atas perhatian yang diberikan dan permohonan maaf jika terdapat kesalahan
c. Salam penutup

Sapaan dalam Pidato
Pidato adalah salah satu bentuk komunikasi lisan. Dengan demikian, pidato harus memerhatikan aspek-aspek komunikasi lisan, di antaranya adalah sapaan. Seseorang yang berpidato harus menyapa orang-orang yang menyimak pidatonya. Di dalam teks pidato, sapaan dapat diletakkan di bagian awal, tengah, dan akhir pidato. Sapaan juga berfungsi sebagai jeda antara materi yang disampaikan. Sapaan yang digunakan harus disesuaikan dengan pendengar atau penonton. Misalnya “rekan-rekan yang saya hormati”, “teman-teman yang saya banggakan”, atau “ibu dan bapak guru yang saya muliakan”.

Perhatikan Contoh

Contoh Pidato yang Sesuai dengan Sistematika

Pendahuluan
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Salam sejahtera untuk kita semua.
(salam pembuka)
Rekan-rekan yang saya hormati, (sapaan)
Pertama, mari kita ucapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan kita kesehatan sehingga dapat berkumpul di acara yang berbahagia ini. Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbicara mengenai pentingnya berorganisasi bagi pelajar. (ucapan terima kasih dan pengenalan topik)

Isi
Tugas utama seorang pelajar tentu adalah belajar. Setiap pelajar harus mempelajari beragam ilmu pengetahuan yang berguna bagi kehidupan mereka, baik pada hari ini maupun masa yang akan datang. Ilmu pengetahuan tersebut dapat datang dari mana saja, utamanya adalah di sekolah. Namun, di samping itu, para pelajar juga harus memiliki aktivitas lain yang menunjang ilmu pengetahuan yang mereka dapatkan di sekolah, yaitu dengan berorganisasi. (materi pokok yang perlu dikembangkan)

Penutup
Akhir kata, saya harap semoga para pelajar dapat mengambil manfaat dari berorganisasi di sekolah. Kegiatan tersebut tentu memberikan manfaat yang sangat banyak. Demikian yang dapat saya sampaikan pada pidato kali ini. Terima kasih atas perhatian Rekan-rekan semua. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan. (kesimpulan dan ungkapan penutup)
Wassalamualakum warahmatullahi wabarakatuh. (salam penutup)

Poin Penting

  1. Pidato adalah ungkapan pikiran seseorang yang diungkapkan melalui kata-kata dan disampaikan secara langsung di hadapan khalayak ramai. Pidato disebut juga khotbah atau ceramah.
  2. Persiapan paling penting sebelum berpidato adalah menyiapkan teks pidato. Teks pidato harus ditulis sesuai sistematiknya.
  3. Sistematika teks pidato/khotbah/ceramah terdiri atas pendahuluan, isi, dan penutup.

 

Sistematika Teks Pidato, Ceramah, dan Khotbah | lookadmin | 4.5