Close Klik 2x

Sistem Katrol

Advertisement

Sistem Katrol – Pada topik sebelumnya, kalian telah belajar tentang tuas dalam kehidupan sehari-hari. Pada topik kali ini, kalian akan belajar tentang sistem katrol. Kalian harus tahu, bahwa katrol yang sering digunakan untuk menimba air juga termasuk dalam pesawat sederhana. Bagaimana bisa? simak ulasan berikut ini.

Katrol tersusun atas roda yang dapat berputar pada porosnya. Roda-roda tersebut dilewati oleh seutas tali. Gaya diberikan pada ujung tali dengan cara menariknya sehingga beban pada ujung tali lainnya terangkat. Terdapat tiga jenis katrol, yaitu katrol tetap, katrol bebas, dan katrol ganda. Berikut ini penjelasan dari masing-masing katrol tersebut.

1. Katrol tetap

Katrol tetap adalah katrol yang tidak berpindah saat digunakan. Contoh katrol tetap adalah kerekan pada sumur yang biasa dgunakan di pedesaan. Katrol disangga dengan tiang di sisi-sisi sumur sehingga posisinya tidak berubah-ubah (tetap).

Katrol dapat dianalogikan sebagai sebuah tuas dengan titik tumpu O (pusat katrol), titik beban B, dan titik kuasa A. Dari sini, kalian bisa menyebut OB sebagai lengan beban dan OA sebagai lengan kuasa. Seperti pada tuas, keuntungan mekanis katrol sama dengan perbadingan lengan kuasa dengan lengan beban. Nilai OB dan OA sama dengan jari-jari katrol. Perbandingan antara OB dan OA adalah 1, sehingga keuntungan mekanis yang diberikan katrol tetap adalah 1. Hal ini berarti bahwa katrol tetap tidak memperkecil gaya yang diperlukan untuk mengangkat beban, hanya mengubah arah gayanya. Saat menggunakan katrol, sebenarnya kalian mengangkat benda dengan memberikan gaya ke bawah (tarikan). Hal tersebut akan membuat kalian merasa lebih ringan dalam menarik beban karena dibantu oleh gaya berat tubuh yang sama-sama mengarah ke bawah.

2. Katrol bebas

Katrol bebas adalah katrol yang bisa berpindah tempat saat digunakan. Benda yang diangkat digantungkan pada poros katrol. Salah satu ujung tali katrol terikat di suatu tempat dan ujung yang lainnya diberi gaya (tarikan) ke atas. Contoh katrol bebas adalah katrol yang digunakan para kuli bangunan untuk menarik bahan bangunan dari bawah untuk diangkat ke atas. Katrol bekerja seperti tuas, dimana keuntungan mekanis yang dihasilkan merupakan perbandingan antara lengan kuasa dan lengan beban.

KM=Wf=LkLb

Pada gambar tersebut, lengan kuasanya adalah titik AB (diameter lingkaran) dan lengan bebannya adalah jari-jari lingkaran. Perbandingan antara Lk dan Lb adalah 2 : 1, sehingga keuntungan mekanis yang dihasilkan adalah 2. Artinya, dengan katrol bebas kalian bisa mengangkat beban dengan memberikan gaya 12 dari berat beban.

3. Katrol ganda

Katrol ganda adalah gabungan antara katrol tetap dan katrol bebas. Pada katrol ganda, beban diletakkan pada titik poros katrol bebas. Kemudian katrol ini dihubungkan dengan beberapa katrol yang lain dan berakhir pada sebuah katrol tetap. Katrol ini biasanya digunakan di pelabuhan atau di dalam pabrik. Keuntungan mekanis yang diberikan oleh katrol ganda ini sama dengan jumlah tali yang menghubungkan katrol tersebut.

Advertisement
Sistem Katrol | lookadmin | 4.5