Close Klik 2x

Simpulan Isi Informasi yang Runtut

Advertisement

Simpulan Isi Informasi yang Runtut – Menyimpulkan isi informasi yang disampaikan melalui tuturan.

Pada topik ini kalian akan mempelajari tentang bagaimana cara untuk membuat simpulan dari isi informasi secara runtut.

Menyimpulkan Isi Informasi dari Tuturan Langsung

Seperti sudah diketahui sebelumnya, informasi berasal dari dua jenis sumber tuturan yaitu tuturan langsung dan tuturan tidak langsung. Pembuatan simpulan ini adalah untuk bisa menringkas isi informasi yang disampaikan oleh informan atau penutur langsung. Berikut skema pembuatan simpulan dari informasi yang disampaikan secara langsung.

Informasi yang disampaikan → menyimak → pokok-pokok informasi → simpulan

Untuk menulis sebuah simpulan dari informasi yang disampaikan secara langsung atau melalui tuturan langsung, langkah-langkah yang bisa dilakukan di antaranya sebagai berikut.

1. Mendengarkan sebaik mungkin informasi yang disampaikan oleh penyampai informasi secara langsung. Penyampaian informasi secara langsung merupakan jenis penyampaian yang tidak akan dilakukan dua kali atau diulang-ulang. Oleh karena itu, langkah pertama yang penting untuk dilakukan agar bisa membuat simpulan dari informasi dengan tuturan langsung adalah mendengarkan dan menyimak sebaik mungkin.

2. Menentukan pokok-pokok informasi dengan cara yang sudah dijelaskan pada pelajaran sebelumnya. Pokok-pokok informasi ini berisi hal-hal penting yang terdapat di dalam isi informasi yang disampaikan.

3. Menuliskan kembali pokok-pokok informasi yang sudah didapatkan tersebut dengan menggunakan kalimat sendiri secara ringkas, padat, dan berisi. Langkah terakhir ini sudah masuk ke dalam langkah pembuatan simpulan akhir.

Menyimpulkan Isi Informasi dari Tuturan Tidak Langsung

Informasi dari tuturan tidak langsung contohnya adalah rekaman dan informasi-informasi dari media cetak. Berikut skema pembuatan simpulan informasi dari tuturan tidak langsung.

Rekaman → menyimak atau mendengarkan → pokok-pokok informasi → simpulan

Informasi media cetak → membaca → pokok-pokok informasi → simpulan

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membuat simpulan informasi dari tuturan tidak langsung.

Langkah-langkah tersebut di antaranya sebagai berikut.
1. Untuk informasi berupa rekaman, dengarkan dan simak baik-baik informasi yang disampaikan dalam rekaman tersebut. Informasi yang ada di dalam rekaman pada mulanya merupakan informasi dengan tuturan langsung, tetapi karena dilakukan proses perekaman dan pada akhirnya bisa didengarkan berulang-ulang maka menjadi informasi dari tuturan tidak langsung. Hal ini akan lebih memudahkan orang untuk mencari pokok-pokok isi informasinya.
2. Untuk informasi berupa bacaan dari media cetak, baca informasi tersebut dengan baik.
3. Menentukan pokok-pokok informasi. Tentukan dengan cepat 5W dan 1 H
4. Menuliskan kembali pokok-pokok informasi yang sudah didapatkan tersebut dengan menggunakan kalimat sendiri secara ringkas, padat, dan berisi. Langkah terakhir ini sudah masuk ke dalam langkah pembuatan simpulan akhir.

Poin Penting

  1. Informasi berkaitan erat dengan pokok jawaban atas pertanyaan apa, siapa, kapan, di mana, dan bagaimana.
  2. Simpulan didapatkan dari meringkas pokok-pokok informasi.
Simpulan Isi Informasi yang Runtut | lookadmin | 4.5