Sifat dan Gerakan Air Laut

Sifat dan Gerakan Air Laut – Arus air laut adalah pergerakan massa air secara vertikal dan horizontal sehingga menuju keseimbangannya. Bagaimanakah sifat dan gerakan air laut? Mari cermati materi pelajaran kali ini.

      Arus laut adalah gerakan air laut yang mempunyai arah dan peredaran yang tetap serta teratur. Arus laut merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi kesuburan air laut, karena dapat membawa makanan dari perairan satu ke perairan lainnya.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya arus laut, yaitu:

a) Faktor angin
• Angin muson, yaitu angin yang bertiup di Samudera Hindia sebelah utara khatulistiwa. Pada musim panas, di belahan bumi utara, arus bergerak searah dengan jarum jam. Arus ini disebut Arus Muson Barat Daya. Adapun pada waktu musim dingin, di belahan bumi utara, arus bergerak berlawanan dengan arah jarum jam. Arus ini dinamakan Arus Muson Timur.
• Angin pasat, yang dapat menimbulkan arus khatulistiwa atau arus ekuatorial. Ada dua arus khatulistiwa, yaitu Arus Khatulistiwa Utara dan Arus Khatulistiwa Selatan. Arus Khatulistiwa Utara mengalir dari Atlantik mengelilingi Laut Sargasso, sedangkan di Samudera Hindia mengalir Arus Khatulistiwa Selatan.
• Angin barat, yang dapat menimbulkan arus angin barat. Di samudera belahan bumi utara terdapat Gulfstream (Arus Teluk Samudera Atlantik) dan Arus Kurosiwo.

b) Faktor perbedaan ketinggian air laut
Bila ketinggian permukaan air laut berbeda, maka akan terjadi gerakan air laut menuju ke bagian yang lebih rendah. Aliran ini ada yang bergerak mendatar dan ada pula yang bergerak vertikal.

c) Faktor perintang
Perjalanan arus laut dapat terhalang oleh benua atau pulau. Halangan ini menyebabkan arus membelok atau bahkan terbelah. Contoh arus yang membelok adalah Arus Brazilia dan Arus Australia Timur. Adapun contoh arus terbelah ialah Arus Ekuatorial Utara di Atlantik serta Arus Ekuatorial Selatan di Samudera Hindia. Arus Ekuatorial Utara terbelah menjadi Arus Antillen dan Arus Mexico, sementara Arus Ekuatorial Selatan terbelah menjadi Arus Agulhas serta Arus Maskarena.

d) Faktor perbedaan kadar garam
Air yang memiliki kadar garam tinggi mempunyai berat jenis lebih besar daripada air dengan kadar garam rendah. Perbedaan berat jenis air ini menyebabkan air berkadar garam tinggi bergerak ke bawah sehingga terjadi arus dalam. Daerah yang ditinggalkan oleh air berkadar garam tinggi tersebut kemudian diisi oleh air berkadar garam rendah dari daerah lain sehingga terjadi arus pula. Contoh kejadian seperti ini adalah Arus Selat Gibraltar.

Persebaran gerakan arus laut di dunia adalah sebagai berikut:

1) Di Samudera Pasifik
Arus laut yang ada di Samudera Pasifik ialah:

a. Sebelah utara khatulistiwa
Di sebelah utara khatulistiwa terdapat dua arus laut, yaitu:
• Arus Khatulistiwa Utara
Arus laut ini merupakan arus panas yang disebabkan angin pasat timur laut. Mengalir dari sebelah barat Benua Amerika bagian utara, Amerika Tengah, Amerika Selatan bagian utara, dan menuju ke Benua Asia bagian selatan.
• Arus Oyasiwo
Arus laut ini merupakan arus dingin yang disebabkan angin timur. Arus ini mulai dari Laut Bering menuju ke selatan, menelusuri pantai selatan Rusia dan berakhir di sebelah timur Kepulauan Jepang dimana lantas bertemu dengan Arus Kurosiwo. Di dekat Benua Amerika, Arus Kurosiwo pecah menjadi dua. Satu ke utara dan satu ke selatan menyusur pantai barat Amerika yang disebut Arus California.

b. Sebelah selatan khatulistiwa
Di sebelah selatan khatulistiwa terdapat arus laut berikut:
• Arus Khatulistiwa Selatan
Arus ini panas, mengalir dari sebelah barat Amerika Selatan sejajar khatulistiwa. Angin ini disebabkan angin pasat tenggara. Di tengah jalan, arus ini terpecah-pecah dan membelok ke arah selatan.
• Arus Australia Timur
Di Benua Australia, arus ini menyusuri sepanjang Australia bagian timur dan menuju Tasmania.

c. Sepanjang garis khatulistiwa
Arus ini merupakan arus panas. Terjadi setelah Arus Khatulistiwa Utara dan Khatulistiwa Selatan bergerak meninggalkan tempat yang lebih tinggi airnya daripada air sekitarnya. Tempat yang lebih rendah kemudian diisi oleh air laut. Arus pengisi ini disebut ‘arus kompensasi’.

2) Di Samudera Atlantik

a. Di sebelah utara khatulistiwa
• Arus Khatulistiwa Utara adalah arus panas yang mengalir ke barat sejajar khatulistiwa. Penyebabnya adalah dorongan angin pasat timur laut.
• Arus Teluk atau Gulfstream merupakan arus yang menyimpang yang didorong oleh angin besar dan panas. Arus khatulistiwa utara (ditambah Arus Khatulistiwa Selatan) pertama-tama masuk ke Laut Karibia terus ke Teluk Meksiko, seterusnya melalui Selat Florida yang disebut Arus Florida. Arus Florida menyusuri sepanjang pantai timur Amerika Serikat ke arah timur. Arus ini disebut ‘arus teluk’ karena keluar dari Teluk Meksiko.
• Arus Tanah Hijau Timur (East Greenland) merupakan arus dingin yang mengalir dari kutub utara ke selatan menyusur pantai timur Greenland.
• Arus Labrador dari kutub utara mengalir ke selatan menyusur pantai timur Labrador.

b. Di sebelah selatan khatulistiwa
• Arus Khatulistiwa Selatan merupakan arus panas yang menuju ke barat sejajar khatulistiwa. Arus ini didorong oleh angin pasat tenggara.
• Arus Brazilia, merupakan arus panas yang disebabkan arus angin barat, mengalir ke arah selatan menyusur pantai timur Amerika Selatan.
• Arus Banguela, merupakan arus dingin yang disebabkan oleh arus angin barat.
• Arus angin barat, merupakan lanjutan dari sebagian Arus Brazilia yang mengalir ke arah timur.

3) Di Samudera Hindia

a. Di sebelah utara khatulistiwa
Arus laut ini berbeda dengan samudera lainnya karena arah gerakan arusnya tidak tetap. Arus ini mengalami pergantian tiap setengah tahun karena pergerakan angin musim.
Arus ini terdiri atas:
• Arus Musim Barat Daya, merupakan arus panas yang mengalir menuju timur menyusuri Laut Arab dan Teluk Benguela. Arus ini didorong oleh angin musim barat daya. Arusnya kurang kuat karena ada hambatan dari gerakan angin pasat timur laut.
• Arus Musim Timur Laut, merupakan arus panas yang mengalir ke arah barat menuju Teluk Benguela dan Laut Arab. Arus ini didorong oleh angin pasat timur dan angin musim timur laut.

b. Di sebelah selatan khatulistiwa
• Arus Khatulistiwa Selatan, merupakan arus panas yang disebabkan oleh angin pasat tenggara. Arus ini mengalir ke barat sejajar garis khatulistiwa dan pecah menjadi dua setelah di Madagaskar, yaitu Arus Maskarena dan Arus Agulhas.
• Arus Maskarena dan Arus Agulhas, merupakan arus menyimpang dan tergolong arus panas. Arus Maskarena mengalir ke selatan menyusuri pantai Madagaskar Timur. Sedangkan Arus Agulhas mengalir ke selatan menyusuri pantai barat Madagaskar.
• Arus angin barat, merupakan arus dingin. Mengalir ke utara menyusuri pantai barat Benua Australia dan akhirnya kembali ke khatulistiwa selatan.

Sifat dan Gerakan Air Laut | lookadmin | 4.5