Close Klik 2x

Sel Sebagai Unit Struktur dan Fungsional Kehidupan

Advertisement

Sel Sebagai Unit Struktur dan Fungsional Kehidupan – Dalam topik sebelumnya sudah dijelaskan bahwa sel merupakan tingkatan organisasi kehidupan yang paling sederhana. Mengapa demikian? Sebab sel, meskipun ukurannya sangat kecil, dia mampu menjalankan proses kehidupannya secara mandiri.

Oleh karena itu, sel disebut sebagai unit struktur dan fungsional kehidupan. Seperti apakah struktur dan fungsi kehidupan sel itu? Mari kita simak bersama-sama.

A. Sel Prokariotik dan Sel Eukariotik

Di dalam bahasan sel, sel makhluk hidup dibagi menjadi dua bagian, yaitu prokariotik dan eukariotik. Pembagian ini didasarkan pada ada-tidaknya membran inti, yaitu lapisan pembatas cairan sel/ plasma dengan cairan inti/ nukleoplasma.

1. Sel Prokariotik

Prokariotik berasal dari bahasa Latin, yaitu pro yang artinya sebelum dan karion yang artinya inti. Jadi, sel prokariotik merupakan sel yang tidak memiliki membran inti. Pada sel jenis ini, materi inti, yaitu DNA (materi genetis) terdapat di dalam cairan sel. Aktivitas sel sendiri terjadi pada membran sel dan di dalam cairan sel. Contoh sel prokariotik adalah sel bakteri.

2. Sel Eukariotik

Dalam bahasa Latin, eu artinya sejati dan karion artinya inti. Jadi, sel eukariotik merupakan sel yang memiliki membran inti. Pada sel jenis ini, materi genetik (DNA) berada dalam inti yang telah dibungkus oleh membran inti sehingga terjadi pemisahan antara inti sel dan cairan sel. Contoh sel eukariotik, yaitu sel hewan dan sel tumbuhan.

B. Unit Struktural dan Fungsional Kehidupan

Hewan dan tumbuhan tersusun dari banyak sel (multiseluler). Setiap selnya, secara umum memiliki bagian-bagian (struktur) yang sama. Pada beberapa sel, ada pula bagian-bagian yang tidak sama.

Mengapa sel disebut sebagai unit struktural dan fungsional kehidupan terkecil? Penyebabnya karena di dalam setiap sel terdapat bagian-bagian yang terstruktur dengan baik dan menjadikan sel tersebut dapat berfungsi layaknya makhluk hidup yang mandiri.

Struktur penyusun sel, secara umum dibagi menjadi tiga bagian, yaitu membran sel, cairan sel (plasma/ sitoplasma) yang terdiri atas banyak organel (bagian-bagian sel yang berfungsi tertentu), dan inti sel (nukleus). Jika digambarkan secara skematis, bagian-bagian sel bisa dilihat sebagai berikut.

Apa sajakah fungsi struktur-struktur sel itu? Coba amati tabel berikut ini.

Sel Sebagai Unit Struktur dan Fungsional Kehidupan | lookadmin | 4.5