Close Klik 2x

Rotasi Bumi dan Dampaknya

Advertisement

Rotasi Bumi dan Dampaknya – Dalam topik ini kalian akan belajar tentang rotasi bumi dan dampaknya. Kalian akan belajar tentang pengertian rotasi bumi serta manfaat dan dampaknya bagi kehidupan di muka bumi.

•●• Rotasi Bumi

Rotasi bumi adalah perputaran bumi pada porosnya. Bumi dapat berputar karena ada gaya tarik menarik atau gaya gravitasi antara matahari dengan bumi. Arah putaran rotasi bumi berlawanan dgn arah putaran jarum jam. Pengamat yang berada di bumi akan mengalami gerak rotasi dari barat ke timur, sehingga benda-benda di luar bumi (matahari, bulan dan bintang) seolah-olah bergerak dari timur ke barat. Waktu yang diperlukan bumi untuk melakukan satu kali rotasi adalah 23 jam 56 menit 4,09 detik atau satu hari. Kita asumsikan bumi berotasi 1 kali dalam 24 jam. Berarti periode rotasi bumi, T = 24 jam. Frekuensi putaran bumi dirumuskan sebagai berikut.

f=1T=1(24)(3600)=186400=1,1574.105 Hz

•●• Dampak Rotasi Bumi bagi Kehidupan

Rotasi bumi akan menimbulkan hal-hal sebagai berikut.

⌨ Gerak Semu Harian Bintang

Bintang-bintang (termasuk matahari) yang terlihat bergerak sebenarnya tidak bergerak. Akibat rotasi bumi dari arah barat ke timur, bintang-bintang tersebut tampak bergerak dari timur ke barat. Rotasi bumi tidak dapat disaksikan secara langsung oleh manusia. Akan tetapi, manusia dapat merasakan adanya gerakan matahari dari timur ke barat. Pergerakan dari timur ke barat yang tampak pada matahari dan benda-benda langit ini dinamakan gerak semu tahunan matahari. Gerak semu ini juga dapat diamati setiap hari, sehingga juga disebut gerak semu harian matahari.

⌨ Terjadinya Siang dan Malam

Permukaan bumi yang menghadap ke arah matahari akan mengalami siang. Sebaliknya permukaan bumi yang membelakangi matahari akan mengalami malam. Periode peredaran semu harian matahari 24 jam, maka panjang siang atau malam rata-rata 12 jam.

⌨ Perbedaan Waktu

Waktu rotasi bumi adalah 24 jam, sehingga setiap jam berbeda bujur 360o24=15o. Daerah-daerah yang garis bujurnya sama mempunyai waktu yang sama pula. Letak bujur standar di sebelah barat bujur nol, waktunya dikurangi. Jika letak bujur standar di sebelah timur bujur nol, waktunya ditambah. Waktu di daerah bujur timur adalah waktu Greenwich ditambah selisih jam, sehingga waktu di belahan timur dirumuskan sebagai berikut.

T=GMT+BT15
Keterangan:
GMT = bujur nol; dan
BT = bujur timur.

Waktu di daerah bujur barat adalah waktu Greenwich + selisih jam, sehingga waktu di belahan barat dirumuskan sebagai berikut.

T=GMTBB15
Keterangan: BB = bujur barat.

⌨ Pemepatan Bumi

Salah satu teori terbentuknya tata surya menyatakan bahwa bumi terbentuk dari gas yang semakin lama semakin keras akibat terjadi pendinginan. Akibat adanya rotasi, setiap bagian di pemukaan bumi akan mendapat gaya sentrifugal (gaya yang arahnya menjauhi sumbu putar). Di daerah khatulistiwa, gaya sentrifugal terasa semakin kuat, sedangkan di daerah kutub gaya tersebut bernilai nol. Benda yang berputar juga akan mengalami gaya sentripetal (gaya yang arahnya menuju sumbu putar). Semakin besar jari-jari rotasi, maka akan semakin besar juga gaya sentripetal yang dihasilkan. Gaya tersebut dirumuskan sebagai berikut.

Fs=mv2R
Semakin jauh jarak R maka F semakin kecil.

Pengaruh gaya sentrifugal dan gaya sentripetal tesebut, menyebabkan bumi menggelembung di daerah khatulistiwa dan pepat di bagian kutubnya. Akibat pemepatan bumi pada kedua kutubnya, gaya tarik bumi lebih kuat di bagian kutub dibandingkan khatulistiwa. Diameter bumi di daerah kutub adalah 12.714 km, sedangkan di daerah khatulistiwa 12.757 km.

⌨ Pembelokan Arah Angin

Pembelokan arah angin didasarkan pada hukum Buys Ballot.

a. Udara bergerak dari tempat yang bertekanan tinggi ke tempat yang bertekanan rendah.
b. Di belahan bumi bagian selatan, angin membelok ke kiri, sedangkan di belahan bumi bagian utara angin membelok ke kanan.

⌨ Pembelokan Arah Arus Laut

Gerak pembelokan arah angin dan arus laut disebut efek Coriolis. Arus laut terbentuk akibat adanya arus angin. Di belahan bumi bagian utara, arus laut membelok searah jarum jam, sedangkan di belahan bumi selatan, arus laut membelok berlawanan arah jarum jam.

⌨ Perbedaan Percepatan Gravitasi di Permukaan Bumi

Perbedaan garis tengah bumi, R, mengakibatkan percepatan gravitasi bumi berbeda, sesuai hukum Newton tentang gravitasi berikut ini.

g=GmR2
Semakin besar R gravitasi makin kecil.

Advertisement
Rotasi Bumi dan Dampaknya | lookadmin | 4.5