Reaksi Redoks sebagai Reaksi Serah Terima Elektron

Reaksi Redoks sebagai Reaksi Serah Terima Elektron – Jika pada topik sebelumnya kamu telah belajar tentang konsep reaksi redoks sebagai reaksi pengikatan dan pelepasan oksigen, pada topik ini kamu akan belajar tentang konsep reaksi redoks sebagai reaksi serah terima elektron. Konsep ini muncul karena ternyata tidak semua reaksi redoks selalu melibatkan oksigen, sehingga konsep reaksi redoks terdahulu tidak bisa menjelaskan reaksi tersebut.

Reaksi Redoks sebagai Reaksi Serah Terima Elektron

Reaksi Redoks sebagai Reaksi Serah Terima Elektron

Sebelum kamu belajar tentang topik ini, mari kita ingat kembali konsep reaksi redoks sebagai reaksi pengikatan dan pelepasan oksigen.

  • Oksidasi adalah peristiwa pengikatan oksigen.
  • Reduksi adalah peristiwa pelepasan oksigen.
  • Oksidator adalah zat pengoksidasi atau zat yang mengalami reduksi.
  • Reduktor adalah zat pereduksi atau zat yang mengalami oksidasi.

Nah, setelah kalian ingat kembali, mari kita pelajari dengan baik topik ini.

KONSEP

Perhatikan contoh reaksi redoks berikut.

1. Reaksi magnesium dengan oksigen : 2Mg (s) + O₂ (g) → 2MgO (s)

2. Reaksi magnesium dengan gas klor : Mg (s) + Cl₂ (g) → MgCl₂ (s)

          Berdasarkan konsep reaksi redoks terdahulu, reaksi (1) merupakan reaksi oksidasi karena terjadi pengikatan oksigen, sedangkan reaksi (2) tidak dapat dijelaskan dengan konsep reaksi redoks terdahulu karena tidak melibatkan oksigen. Apakah reaksi (2) tidak termasuk oksidasi? Jika kedua reaksi tersebut dihubungkan dengan proses terbentuknya ikatan kimia, maka magnesium mengalami hal yang sama, yaitu melepaskan 2 buah elektron valensinya. Nampaknya, pengertian reaksi oksidasi dan reduksi yang dikaitkan dengan oksigen terlalu sempit, sehingga definisi reaksi oksidasi-reduksi perlu diperluas dengan menggunakan konsep serah terima elektron.

          Berdasarkan konsep reaksi redoks sebagai reaksi serah terima elektron, reaksi oksidasididefinisikan sebagai reaksi pelepasan elektron, sedangkan reaksi reduksi adalah reaksi pengikatan elektron. Dengan menggunakan konsep tersebut, dapat dijelaskan terjadinya reaksi oksidasi dan reduksi pada reaksi (2) sebagai berikut.

Mg (s) + Cl₂ (g) → MgCl₂ (s)

Terjadi dua peristiwa secara bersamaan, yaitu:

Mg (s) → Mg2+ (s) + 2e……….. (oksidasi)
Cl₂ (g) + 2e → 2Cl (s).………… (reduksi)

Kedua peristiwa di atas melibatkan transfer (perpindahan) elektron. Magnesium mengalami oksidasi karena melepas elektron, sedangkan klor mengalami reduksi karena menangkap elektron. Magnesium dioksidasi oleh klor, sehingga klor merupakan pengoksidasi atauoksidator. Di sisi lain, klor direduksi oleh magnesium, sehingga magnesium merupakan pereduksi atau reduktor.

          Persamaan reaksi antara magnesium dengan gas klor membentuk magnesium klorida dapat ditulis sebagai berikut.

          Jika kamu perhatikan, pelepasan dan penangkapan elektron terjadi secara simultan. Jika suatu spesi melepas elektron, maka akan ada spesi lain yang menangkap elektron. Hal itu berarti bahwa setiap oksidasi akan selalu disertai reduksi. Reaksi yang melibatkan oksidasi-reduksi selanjutnya disebut dengan reaksi redoks yang merupakan singkatan dari reaksi reduksi dan oksidasi.

          Reaksi antara natrium dengan klorin menghasilkan natrium klorida juga merupakan reaksi redoks. Proses serah terima elektron yang terjadi pada reaksi ini dapat ditulis dalam dua tahap yang disebut setengah reaksi oksidasi dan setengah reaksi reduksi berikut ini.

Pada reaksi di atas, natrium mengalami oksidasi karena melepas elektron dan menyebabkan klor mengalami reduksi. Oleh karenanya, natrium bertindak sebagai reduktor. Sebaliknya, gas klor mengalami reduksi karena menerima elektron dan menyebabkan natrium mengalami oksidasi. Oleh karenanya gas klor bertindak sebagai oksidator.

Poin Penting

  • Oksidasi adalah peristiwa pelepasan elektron.
  • Reduksi adalah peristiwa pengikatan elektron.
  • Oksidator adalah zat yang mengalami reduksi, sebagai pengoksidasi.
  • Reduktor adalah zat yang mengalami oksidasi, sebagai pereduksi.

Apakah kamu telah paham dengan topik ini? Agar pemahamanmu bertambah, yuk kejakan latihan soal-soal yang ada.

Reaksi Redoks sebagai Reaksi Serah Terima Elektron | lookadmin | 4.5