Close Klik 2x

Reaksi Kimia dan Hukum Kekekalan Massa, Proporsi Pasti dan Ganda

Advertisement

Reaksi Kimia dan Hukum Kekekalan Massa, Proporsi Pasti dan Ganda – Kimia adalah ilmu perubahan materi; perubahan fisik khusus dan perubahan kimia. Perubahan fisik mengakibatkan perubahan kindisi fisik suatu zat, seperti ketika air yang membeku akan membentuk air es padat atau ketika menyublim kamper padat langsung ke gas.

Perubahan ini sangat penting, tetapi perubahan kimia yang paling penting bagi ahli kimia, seperti saat hidrokarbon dalam bahan bakar melakukan pemanasan mesin agar dapat energi, karbon dioksida dan air. Dunia modern kita ini berdasarkan pada perubahan kimia, jadi bagaimana para ahli kimia menjelaskan perubahan kimia atau karena mereka lebih suka menyebut sebagai : reaksi kimia?

Semua reaksi kimia diatur oleh tiga Hukum Alam: Hukum Kekekalan Massa, Hukum Proporsi Pasti dan Hukum Proporsi Ganda ..

Hukum Kekekalan Massa pada awalnya diusulkan oleh ahli kimia Perancis abad ke-18 Antoine Lavoisier yang menyatakan bahwa, “massa dari sistem yang tertutup akan tetap konstan dari waktu ke waktu.” Bagi ahli kimia modern, hal ini berarti bahwa selama reaksi kimia di mana tidak ada reaktan atau produk bisa masuk atau melepaskan reaksi, seperti dalam botol tertutup, massa dari produk reaksi harus sama dengan massa reaktan. Cara lain untuk menyatakan itu adalah bahwa tidak ada materi yang dapat diciptakan, dihancurkan atau diubah selama reaksi kimia, atom-atom yang ada di awal tetap harus ada setelah reaksi, tetapi mereka akan diatur kembali menjadi zat baru. Inilah mengapa persamaan kimia yang menggambarkan reaksi kimia harus seimbang: Sebagai contoh :

CaCO3  +  2 HCl  CaCl2  + CO2  + H2O
Ca – 1 pada setiap sisi
C – 1 pada setiap sisi
O – 3 pada setiap sisi
H – 2 pada setiap sisi
Cl – 2 pada setiap sisi
Semua atom dicatat, persamaan kimia seimbang dan Hukum Kekekalan Massa dipatuhi.
Reaksi kimia juga diatur oleh Hukum Proporsi Pasti dan Ganda. Pada tahun 1806, seorang ahli kimia Perancis, Joseph Proust juga mengusulkan Hukum Proporsi Pasti yang menyatakan bahwa: “Suatu senyawa kimia harus selalu proporsi yang sama dari unsur massa.” Hal ini juga dapat dimasukkan sebagai rumusan zat yang mengatur, misalnya air selalu H2O dan bukan H3O atau HO dan hidrogen peroksida adalah zat yang berbeda dengan rumus H2O2.
Hukum Proporsi Ganda diusulkan oleh ahli kimia Inggris John Dalton setelah tahun 1808. Ia menyatakan bahwa: “Jika dua unsur membentuk lebih dari satu senyawa diantara mereka, maka rasio dari massa senyawa kedua yang menggabungkan dengan massa tetap dari senyawa pertama dengan rasio bilangan bulat kecil.” Misalnya karbon dan oksigen berupa dua senyawa, karbon monoksida, CO dan karbon dioksida CO2. Rasio seluruh angka kecil masing-masing 1:1 dan 1:02 . contoh air dan hidrogen peroksida, H2O dan H2O2 juga sebuah contoh dari hukum ini.
Ketiga hukum ini menyatakan bahwa rumus kimia diatur oleh alam dan tidak dapat diubah dan bahwa persamaan kimia harus seimbang untuk memberikan gambaran yang akurat tentang perubahan kimia.
Reaksi Kimia dan Hukum Kekekalan Massa, Proporsi Pasti dan Ganda | lookadmin | 4.5