Close Klik 2x

Proses yang Terjadi Di Lapisan Litosfer

Advertisement

Proses yang Terjadi Di Lapisan Litosfer – Pada topik sebelumnya, kalian telah belajar tentang struktur lapisan bumi. Pada topik ini, kalian akan belajar khusus tentang litosfer dan proses-proses yang terjadi di litosfer yang berkaitan dengan perubahan zat dan kalor serta pengaruhnya pada lingkungan.

A. Litosfer

Bumi terdiri atas tiga bagian utama, yaitu litosfer, hidrosfer, dan atmosfer. Litosfer berasal dari bahasa Yunani, lithos yang berarti “batuan” dan sphaira yang berarti “bola”. Jadi, litosfer dapat diartikan sebagai kulit atau kerak bumi yang berupa batuan. Litosfer merupakan lapisan terluar dari kerak bumi yang tersusun atas batuan keras dan dingin setebal 15 – 60 km. Lapisan ini terapung di atas mantel bumi. Lapisan ini terkadang bergerak yang memicu gerakan lapisan di atasnya sehingga menyebabkan gempa bumi.
Batuan adalah kumpulan dari satu atau lebih mineral. Batuan pembentuk litosfer dibedakan menjadi tiga macam berdasarkan proses terjadinya batuan, yaitu sebagai berikut.

1. Batuan beku

Batuan beku adalah batuan yang terbentuk akibat pembekuan magma. Batuan beku dibedakan menjadi tiga, yaitu batuan beku dalam contohnya granit, batuan beku luar contohnya batu basal, obsidian, dan batu apung, serta batuan beku korok contohnya diorit dan granit posper.

2. Batuan sedimen atau endapan

Batuan sedimen adalah batuan yang terjadi karena pelapukan batuan di permukaan bumi. Contoh batuan sedimen adalah konglomerat, breksi, kapur, pasir, serpih, gips, dan travertin.

3. Batuan metamorf atau malihan

Batuan malihan adalah batuan yang proses terjadinya karena metamorfosis (proses malih batuan) di dalam kerak bumi, akibat tekanan dan suhu yang tinggi dalam waktu yang lama. Contoh batuan malihan:
a. batu pualam, marmer malihan dari gamping;
b. sabak atau batu tulis berasal dari serpih;
c. grafit berasal dari karbon;
d. kuarsit berasal dari pasir; dan
e. antrasit berasal dari batubara.

B. Proses yang Terjadi Di Lapisan Litosfer

Proses yang terjadi pada lapisan litosfer menyebabkan perubahan bentuk muka bumi. Adapun penyebab terjadinya proses perubahan bentuk muka bumi dapat dibedakan menjadi dua, yaitu tenaga endogen dan tenaga eksogen.

1. Tenaga endogen

Tenaga endogen adalah tenaga pengubah muka bumi yang berasal dari dalam bumi. Tenaga endogen terdiri dari proses diatropisme dan proses vulkanisme. Proses diastropisme adalah proses struktural yang mengakibatkan terjadinya lipatan dan patahan tanpa dipengaruhi magma, tapi tenaga dari dalam bumi. Tenaga dari dalam bumi ini terdiri atas tektonisme dan seisme. Sementara proses vulkanisme berhubungan dengan aktivitas keluarnya magma gunung api. Proses keluarnya magma ke permukaan bumi disebut erupsi gunung api. Proses vulkanisme terjadi karena adanya magma yang keluar membakar kerak bumi dan meletus di permukaan.

2. Tenaga eksogen

Tenaga eksogen adalah tenaga yang berasal dari luar bumi. Sifat umum tenaga eksogen adalah merombak bentuk permukaan bumi hasil bentukan dari tenaga endogen. Contohnya adalah pelapukan, pengangkutan, pengikisan (erosi dan abrasi), dan pelongsoran.
a. Pelapukan
Pelapukan merupakan proses penghancuran lapisan litosfer. Ada tiga macam pelapukan, yaitu pelapukan fisika, pelapukan kimiawi, dan pelapukan biologi. Pelapukan fisika diakibatkan oleh sinar matahari, cuaca dingin, air, dan tekanan. Pelapukan kimiawi diakibatkan oleh proses kimia yang terjadi pada litosfer yaitu oksidasi, karbonasi, dan lain-lain. Contohnya proses karat besi atau pelapukan pada batu gamping oleh air. Pelapukan biologi diakibatkan oleh makhluk hidup seperti bakteri, jamur, dan jasad renik.
b. Pengangkutan dan pengikisan (erosi dan abrasi)
Pengangkutan dan pengikisan lapisan litosfer biasanya dilakukan oleh angin, air, gletser, maupun gaya gravitasi bumi (longsor).
c. Sedimentasi atau pengendapan
Setelah melalui proses pelapukan dan pengikisan serta pengangkutan, litosfer mengalami pengendapan. Contohnya adalah pendangkalan pantai dan muara sungai akibat pengendapan tanah dan pasir di pinggir pantai.

Proses yang Terjadi Di Lapisan Litosfer | lookadmin | 4.5