Potensi Geografis Indonesia

Potensi Geografis Indonesia – Secara geografis, Indonesia berada pada posisi strategis yang kaya akan sumber daya alam, melimpah dengan segala jenis flora dan fauna serta kekayaan hidrografis. Sumber daya alam Indonesia berasal dari aktivitas pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, pertambangan dan energi.

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terletak di Asia Tenggara. Melintang di khatulistiwa antara benua Asia dan Australia serta antara samudera Pasifik dan samudera Hindia. Indonesia memiliki lebih dari 18.000 pulau (sekitar 6.000 pulau tidak berpenghuni) dengan pulau-pulau utama meliputi pulau Kalimantan, Papua, Sumatera, Sulawesi, dan Jawa. Dengan demikian Indonesia memiliki potensi yang cukup besar, antara lain:


1. potensi alam (fisik),

a. persebaran tanah umumnya subur karena memiliki banyak gunung api sehingga jika dimanfaatkan dengan baik akan dapat mewujudkan swasembada pangan, yang mengarah pada ketahanan dan kemandirian dalam penyediaan pangan untuk kebutuhan masyarakat,

b. memiliki garis pantai yang panjang dan perairan laut luas,

c. kaya akan barang tambang, hasil pertanian, perkebunan, dan kehutanan, yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku industri sehingga berpotensi mewujudkan daya saing tinggi,

d. memiliki berbagai potensi sumber energi alternatif, seperti sinar matahari, angin, air terjun, panas bumi, dan ombak.

2. potensi sosial budaya,

Indonesia memiliki penduduk terbesar di Asia Tenggara dengan beraneka ragam suku (lebih dari 300 suku kelompok etnis) dan tradisi budaya yang masih dipegang teguh, sekaligus mempunyai banyak peninggalan bangunan bersejarah dan budaya. Dapat disimpulkan bahwa Indonesia juga memiliki potensi pariwisata yang cukup besar, karena:

a. memiliki iklim tropis sehingga sinar matahari bersinar terus-menerus sepanjang tahun. Kondisi ini disukai masyarakat dari negara-negara Barat,

b. memiliki beraneka ragam panorama alam yang indah, baik di darat (pegunungan) maupun di laut (pantai),

c. memiliki berbagai tradisi budaya dan bangunan-bangunan bersejarah.

Adapun letak fisiografis adalah letak yang berkaitan dengan topografi atau relief permukaan bumi dan bentang alam maupun kondisi geografisnya. Letak fisiografis ini meliputi letak astronomis, letak geologis, letak geomorfologis, letak maritim, dan letak geografis.

Itulah artikel Potensi Geografis Indonesia. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda, baca juga artikel terkait lainnya.

Potensi Geografis Indonesia | lookadmin | 4.5