Close Klik 2x

Pokok-Pokok Laporan Perjalanan

Advertisement

Pokok-Pokok Laporan Perjalanan – Siswa dapat menulis pokok-pokok laporan dengan kalimat singkat

Masih ingatkah kamu tentang cara membuat data pokok pada materi-materi sebelumnya? Setidaknya, kalian masih ingat dengan rumus 5W+1H atau Adiksimba, bukan? Rumus itu akan kembali kita gunakan pada materi kali ini, yaitu tentang menuliskan pokok-pokok laporan perjalanan.

Pokok-pokok laporan adalah hal-hal penting yang menjadi inti dalam laporan. Tentunya hal penting itu tidak hanya satu sehingga kita kembali dapat menggunakan rumus Adiksimba, yaitu menggunakan kata tanya apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.

Perhatikan Contoh

      Simaklah terlebih dahulu contoh laporan perjalanan berikut ini!

Menganalisis pokok-pokok laporan perjalanan tersebut bisa kamu lakukan dengan cara sebagai berikut.

  1. Menemukan hal penting pada setiap paragraf.
  2. Menentukan ide pokok pada setiap paragraf.
  3. Meringkas setiap paragraf dengan menggunakan kata tanya dari Adiksimba/5W+1H.

Dari kedua langkah di atas, kamu dapat menemukan pokok-pokok laporan perjalanan dari contoh yang tadi telah dibacakan berupa:

  1. Kami tiba di Pangandaran sekitar pukul 12.30 dan memulai petualangan menuju Pantai Pasir Putih Pangandaran.
  2. Keistimewaan Pantai Pasir Putih adalah kita dapat melihat terbit dan tenggelamnya matahari dari satu tempat yang sama, pantainya landai dengan air yang jernih serta jarak antara pasang dan surut relatif lama sehingga memungkinkan kita untuk berenang dengan aman atau sekadar jalan-jalan, terdapat pantai dengan hamparan pasir putih, dan tersedia tim pemandu wisata pantai.
  3. Setelah puas bermain di Pantai Pasir Putih kami, mengunjungi Cagar Alam.
  4. Cagar Alam adalah suatu kawasan suaka alam yang terdapat banyak monyet, rusa, juga gua-gua jepang.
  5. Malam harinya kami menuju Pasar Seni.
  6. Pasar Seni adalah salah satu pasar yang ada di Pantai Pangandaran, tempat berkarya, dan tempat berjualan benda-benda souvenir khas Pangandaran.
  7. Menikmati matahari pagi sambil berenang di pantai sepertinya adalah salah satu yang menarik pengunjung ke pantai ini.

Setelah menemukan pokok-pokok laporan perjalanan di atas, kamu dapat menceritakan kembali laporan perjalanan tadi dengan lebih ringkas. Caranya dengan merangkaikan pokok-pokok laporan tersebut menjadi beberapa kalimat seperti di bawah ini.

Poin Penting

  1. Pokok-pokok laporan adalah hal-hal inti dalam laporan.
  2. Menganalisis pokok-pokok laporan perjalanan dapat dilakukan dengan cara berikut; a) Menemukan hal penting pada setiap paragraf; b) Menentukan ide pokok pada setiap paragraf; c) Meringkas setiap paragraf dengan menggunakan kata tanya dari Adiksimba/5W+1H.
  3. Pokok-pokok laporan perjalanan yang telah dibuat dapat diceritakan kembali menjadi laporan perjalanan yang lebih ringkas.
Pokok-Pokok Laporan Perjalanan | lookadmin | 4.5