Close Klik 2x

Pokok-Pokok atau Hal Penting dari Isi Informasi

Advertisement

Pokok-Pokok atau Hal Penting dari Isi Informasi – Menyimpulkan isi informasi yang disampaikan melalui tuturan.

Kalian pasti sudah paham dengan istilah informasi dalam bacaan. Pada topik ini kalian akan mempelajari tentang pokok-pokok atau hal penting dari isi informasi.

Definisi Informasi

Informasi merupakan pemberitahuan atau pemberian kabar tentang sesuatu hal. Informasi sendiri muncul dari adanya tuturan. Tuturan dalam hal ini terbagi menjadi dua jenis yaitu tuturan langsung atau tuturan lisan dan tuturan tidak langsung atau bacaan.

1. Tuturan langsung atau lisan merupakan jenis tuturan yang langsung disampaikan secara lisan dari pihak narasumber atau pemberi informasi. Informasi ini didapatkan melalui kegiatan pendengaran. Beberapa contoh tuturan langsung di antaranya sebagai berikut.
a. Perbincangan
b. Forum diskusi
c. Berita televisi dan radio
d. Pidato
e. Ceramah
2. Tuturan tidak langsung atau bacaan/rekaman. Informasi dari tuturan ini didapatkan dari bacaan atau juga suara yang didapatkan dari proses rekaman. Beberapa contoh tuturan tidak langsung di antaranya sebagai berikut.
a. Informasi yang direkam
b. Berita-berita di media cetak
c. Informasi di majalah dinding

Informasi sendiri ada informasi yang baik dan ada informasi yang sebenarnya tidak sesuai dengan apa yang memang terjadi.

Ciri-ciri dari informasi yang baik tersebut di antaranya sebagai berikut.

1. Informasi yang bersifat aktual. Aktual dalam hal ini adalah informasi yang memang sedang menjadi bahan pembicaraan pada waktu sekarang atau sedang hangat dibicarakan. Bisa dikatakan juga sebagai informasi terkini.
2. Bahasa yang digunakan dalam penyampaian informasi adalah bahasa yang akurat, tepat, padat, dan singkat.
3. Informasi yang faktual. Faktual artinya informasi yang disampaikan didukung dengan fakta-fakta yang kuat dan pasti kebenarannya.
4. Informasi yang disampaikan memiliki daya tarik atau dalam disebut juga sebagai informasi yang menarik.

Pokok-Pokok Isi Informasi

Pokok-pokok isi informasi merupakan hal-hal penting yang terdapat di dalam sebuah informasi yang menjadi inti informasi yang disampaikan. Untuk bisa menemukan pokok-pokok isi informasi diperlukan ketelitian dan kesigapan dari pendengar atau orang yang bertugas mengumpulkan pokok-pokok informasi tersebut.
Pokok-pokok isi informasi sendiri bisa didapatkan dengan memperhatikan unsur-unsur 5W dan 1H dalam penyampaian informasi tersebut. Unsur-unsur tersebut di antaranya sebagai berikut.

  1. Informasi apa yang sedang disampaikan. Sebuah informasi tentunya memiliki objek tertentu yang akan diinformasikan. Contohnya seperti kenaikan bahan bakar minyak, masalah pendidikan di Indonesia, terjadinya bencana alam, dan masih banyak lagi.
  2. Siapa yang menyampaikan informasi tersebut. Penyampai informasi merupakan bagian yang penting karena kita akan mengetahui bagaimana cara penyampai tersebut menyampaikan informasi dan apakah informasi tersebut akurat atau hanya berupa opini semata.
  3. Kapan informasi tersebut disampaikan. Keterangan waktu ini juga berhubungan dengan kapan kejadian di dalam informasi tersebut berlangsung.
  4. Di mana informasi tersebut didapatkan. Selain dari tempat atau lokasi penyampai informasi, juga perlu diperhatikan di mana kejadian atau peristiwa dalam informasi tersebut terjadi.
  5. Mengapa informasi tersebut disampaikan. Sebuah informasi disampaikan kepada seseorang atau banyak orang tentunya dengan adanya latar belakang atau alasan tertentu.
  6. Bagaimana informasi tersebut bisa disampaikan.

Sebuah informasi secara umum berisi fakta dan pendapat. Fakta merupakan pernyataan yang jelas, pasti, dan benar-benar terjadi dan tidak dibuat-buat. Sedangkan pendapat merupakan pernyataan yang isinya masih lebih banyak dipengaruhi oleh anggapan pribadi terhadap apa yang terjadi dan masih belum pasti.

1. Kalimat-kalimat fakta atau faktual.
a. Mengandung hal-hal yang memang benar terjadi dan tidak direkayasa.
b. Umumnya mengandung kelompok kata seperti hasil dari pengamatan, berdasarkan kenyataan, berdasarkan laporan, hasil dari investigasi, berdasarkan survei membuktikan, berdasarkan hasil penelitian, dan masih banyak lagi.
c. Memang tidak semua kalimat faktual menggunakan kelompok kata tersebut. untuk bisa menentukan apakah kalimat tersebut faktual, bisa dilakukan analisis berdasarkan realitas dari pernyataan isi kalimat-kalimat tersebut. Jika pernyataan dari kalimat tersebut benar dan sesuai dengan kenyataan, maka bisa dipastikan bahwa kalimat tersebut merupakan kalimat faktual.
d. Contoh kalimat faktual di antaranya sebagai berikut.
(1) Menurut laporan yang telah kami terima, jumlah pengunjung di pasar raya tersebut sudah menginjak jumlah 4.500 orang.
(2) Dari hasil investigasi diketahui bahwa para pedagang ilegal tersebut mendapatkan barang-barangnya secara bebas di pelabuhan X.
2. Kalimat-kalimat berupa pendapat.
a. Mengandung hal-hal yang masih perlu dianalisis lagi kebenarannya.
b. Umumnya menggunakan kata-kata seperti menurut saya, kira-kira, sepertinya, lebih kurang, asumsi saya, prediksi kami, diperkirakan, kemungkinan, dan masih banyak lagi.
c. Contoh kalimat berupa pendapat adalah sebagai berikut.
(1) Kemungkinan besar mereka akan berangkat malam ini.
(2) Diperkirakan rombongan kampung itu akan tiba pagi nanti.

Poin Penting

Poin penting dari materi ini adalah sebagai berikut.
1. Informasi bisa berasal dari dua jenis tuturan yaitu tuturan langsung dan tuturan tidak langsung.
2. Pokok-pokok isi informasi sendiri bisa didapatkan dengan memperhatikan unsur-unsur 5W dan 1H dalam penyampaian informasi tersebut.
3. Informasi yang faktual merupakan informasi yang berisi fakta-fakta di dalamnya dan tidak dibuat-buat.

Pokok-Pokok atau Hal Penting dari Isi Informasi | lookadmin | 4.5