Close Klik 2x

Pokok Pikiran Paragraf

Advertisement

Pokok Pikiran Paragraf – Pokok pikiran sering juga disebut ide pokok paragraf. Pokok pikiran atau ide pokok paragraf adalah inti dari wacana yang dibicarakan dalam setiap paragraf. Setiap paragraf pasti memiliki pokok pikiran atau ide pokok paragraf. Ide pokok paragraf terletak dalam kalimat utama. Satu paragraf pasti memiliki kalimat utama dan kalimat penjelas.

1. Deduktif (umum-khusus)

Dalam pola pengambangan paragraph ini, ide pokok ditempatkan di awal paragraph, kemudian disusul gagasan-gagasan khusus sebagai rincian penjelas. Penalaran deduktif memiliki pola rincian, pola alas an, dan pola contoh.

Contoh :

Kalimat yang tercetak tebal adalah ide pokok paragraph sedangkan kalimat yang tercetak miring adalah kalimat penjelas.

2. Iduktif (khusus-umum)

Dalam pola pengembangan paragraph ini, ide pokok ditempatkan di akhir paragraph. Ide pokok paragraph ini berisi simpulan dari penjelasan atau rincian yang telah disebutkan sebelumnya. Metode pengembangan ini disebut juga pola atau penalaran induktif.

Penalaran induktif adalah proses penalaran yang bertolak dari peristiwa-peristiwa yang sifatnya khusus menuju pernyataan umum. Penalaran induktif meliputi pola generalisasi, pola analogi, dan pola kausal.

a. Generalisasi, yaitu pengungkapan kesimpulan dengan mengemukakan hal-hal yang bersifat khusus kemudian ditarik kesimpulan yang bersifat umum.
b. Analogi yaitu pengungkapan kesimpulan dengan mengemukakan persamaan dua hal yang berbeda
c. Sebab-akibat, yaitu pengunkapan kesimpulan dengan mengemukakan hal-hal yang menjadi sebab kemudian diikuti dengan akibatnya.

Contoh :

3. Campuran

Yaitu pola pengembangan paragraph deduktif dan induktif. Kalimat utama terletak di awal dan diakhir sebuah paragraph.

Contoh :

Pokok Pikiran Paragraf | lookadmin | 4.5