Planet dan Orbitnya

Advertisement

Planet dan Orbitnya – Dalam topik ini, kalian akan belajar tentang planet dan orbitnya. Terdapat jutaan planet di alam semesta ini. Planet-planet tersebut biasanya bergerak mengitari satu pusat, contohnya dalam sistem tata surya dimana bumi dan planet lain berputar mengelilingi matahari. Masing-masing planet ini mengitari matahari dengan waktu yang berbeda. Planet yang dekat dengan matahari memiliki waktu putaran yang lebih cepat, dan sebaliknya.

Planet yang jauh dari matahari memiliki waktu putaran yang lebih lama. Lamanya suatu planet mengitari matahari disebut waktu revolusi dan ini menentukan musim di planet tersebut. Mari, pelajari lebih lanjut mengenai planet dan pergerakannya mengitari matahari.

                       Planet dan Orbitnya

Tata surya tersusun atas delapan planet dan satu bintang sebagai pusat edar, yaitu matahari. Delapan planet tersebut berputar mengelilingi matahari. Putaran tersebut akan membentuk suatu lintasan yang disebut orbit. Berikut ini merupakan nama-nama planet yang mengitari matahari beserta jaraknya dari matahari.

Planet-planet dalam tata surya mengorbit matahari dalam lintasan yang berbentuk elips. Kalian tahu bentuk elips kan? Nah, bentuk elips ini berbeda dengan bentuk lingkaran.

Coba kalian ambil satu buah karet gelang, lalu kalian tarik ke kanan dan ke kiri. Karet gelang yang awalnya menyerupai lingkaran, akan berubah menjadi bentuk lain saat kalian tarik perlahan-lahan ke kanan dan ke kiri. Bentuk itu menyerupai elips. Matahari berada di salah satu titik fokus lintasan elips planet-planet ini.

Lintasan orbit yang berbentuk elips ini, dapat menyebabkan planet berada pada titik terjauh maupun terdekat dengan matahari. Titik terjauh dari matahari disebut aphelion, sedangkan titik terdekat dengan matahari disebut dengan perihelion. Selain berbentuk elips, orbit dari planet-planet yang mengitari matahari juga tidak berada dalam satu bidang sejajar.

Orbit planet mengelilingi Matahari berbentuk elips dan Matahari berada di salah satu pusatnya. (Sumber: Wikipedia, sumbangan dari Pearson Scott Foresman untuk Wikipedia dan diterbitkan sebagai public domain).

Terbentuknya titik aphelion dan perihelion tersebut menyebabkan adanya perubahan musim di bumi. Hal tersebut dirasakan oleh penduduk yang tinggal di daerah yang jauh dari khatulistiwa, contohnya Amerika, Australia, Jepang, Korea, dan Eropa. Negara-negara tersebut memiliki iklim subtropis, yaitu iklim empat musim.

Itulah sekilas mengenai orbit dari planet-planet yang mengelilingi matahari di tata surya kita. Ada hal lain yang perlu kalian ketahui, yaitu sampai tahun 2006, sistem tata surya memiliki sembilan planet. Akan tetapi, para ilmuwan mengemukakan bahwa pluto bukanlah planet karena orbitnya telalu jauh dari matahari dan ukurannya terlalu kecil. Dengan demikian, sistem tata surya saat ini hanya memiliki delapan planet.

 

Advertisement
Planet dan Orbitnya | lookadmin | 4.5