Pilihan Kata dan Ekspresi Sesuai Konteks Cerita

Advertisement

Pilihan Kata dan Ekspresi Sesuai Konteks Cerita – Siswa dapat menceritakan berbagai pengalaman dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat.

Setelah sebelumnya kalian belajar tentang jenis-jenis cerita pengalaman, kini saatnya kalian belajar tentang penggunaan pilihan kata (diksi) dan ekspresi yang sesuai dengan konteks cerita. Tujuannya agar kalian dapat menceritakan berbagai pengalaman dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat sesuai dengan jenis cerita pengalaman yang kalian ceritakan.

Pernahkah kalian menceritakan pengalaman kalian di depan umum seperti di depan kelas? Lantas, pernahkah ketika bercerita, orang yang sedang mendengarkan cerita kalian terlihat bosan atau tidak tertarik? Bisa jadi, bukan lantaran ceritanya yang tidak menarik, tapi cara penyampaian cerita yang kalian lakukan yang membuatnya menjadi bosan.

Dalam menyampaikan cerita pengalaman, ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan agar cerita tersebut menjadi menarik saat diceritakan. Berikut ini beberapa hal yang dimaksud.
• Pilihan kata
Hal pertama yang harus kalian perhatikan dalam menceritakan pengalaman adalah pilihan kata yang kalian gunakan. Pakailah bahasa yang sederhana sesuai tingkatan pemahaman pendengar. Hindarilah penggunaan istilah-istilah yang sulit dipahami agar apa yang ingin kalian sampaikan melalui cerita bisa diterima oleh pendengar.
Perhatikan kutipan contoh cerita pengalaman berikut.

“Saya masih ingat kejadian beberapa waktu lalu ketika saya pergi ke kampus dengan naik angkutan umum untuk pertama kalinya. Naik angkutan umum saat ini jauh dari kata nyaman. Selain penumpang harus rela desak-desakan, pengemudi pun terkadang menjalankankendaraan secara ngebut. Hal ini membuat saya sebagai penumpang khawatir sekaligus ketakutan. Tapi, semburat wajah takut atau khawatir tidak terlihat di wajah para penumpang lain.”

Coba bandingkan jika istilah-istilah yang dicetak miring di atas diganti dengan istilah-istilah ini.

“Saya masih ingat kejadian beberapa waktu lalu ketika saya pergi ke kampus dengan naik angkutan umum untuk pertama kalinya. Naik angkutan umum saat ini jauh dari kata nyaman. Selain penumpang harus rela berdesakan, pengemudi pun terkadang melajukan kendaraan secara ugal-ugalan. Hal ini membuat saya sebagai penumpang khawatir sekaligus ketakutan. Tapi, semburat wajah takut atau khawatir tidak terlihat di wajah para penumpang lain.”

• Ekspresi
Saat menceritakan pengalaman, idealnya pandangan mata mengarah kepada pendengar. Tapi, usahakah tidak menatap pendengar terlalu tajam atau hanya melihat pendengar tertentu saja. Selain itu, kalian harus memperhatikan ekspresi wajah seperti senang, benci, marah, senang, terharu, dan sebagainya. Kalian juga harus mengubah intonasi suara (ringan atau berat), volume suara (kecil atau keras), kecepatan suara lambat atau cepat, dan bentuk suara (serak atau gagap). Perhatikan juga setiap jeda dari kalimat.

• Gerakan Tubuh
Selain pilihan kata dan ekspresi, kalian juga harus memperhatikan gerakan tubuh. Gerakan tubuh ini harus dijaga agar tidak mengalihkan perhatian para pendengar dari focus mereka trehadap cerita. tanpa disadari, sebagian orang sering melakukan gerakan-gerakan tangan yang sebenarnya “mengganggu”, misalnya menggaruk kepala, memasukkan tangan ke saku celana, memandang ke arah atas, dan sebagainya. Sebenarnya, ketika bercerita memang sebaiknya kalian menggerakkan tubuh, tapi disesuaikan dengan kebutuhan dan tidak berlebihan sehingga tidak membuat pendengar menjadi bingung.

Poin Penting

• Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menceritakan pengalaman, antara lain pilihan kata (diksi), ekspresi, dan gerakan tubuh.

• Ketika menceritakan pengalaman usahakan menggunakan pilihan kata yang tepat dan sederhana agar pendengar mudah memahaminya.

• Menceritakan pengalaman harus dilakukan dengan menggunakan ekspresi wajah untuk menunjang suasana yang dibangun selama proses bercerita.

• Gerakan tubuh juga diperlukan dalam menceritakan pengalaman, tapi harus sesuai dan tidak berlebihan.

Advertisement
Pilihan Kata dan Ekspresi Sesuai Konteks Cerita | lookadmin | 4.5