Close Klik 2x

Perbedaan Suhu Air Mendidih di Berbagai Tempat

Advertisement

Perbedaan Suhu Air Mendidih di Berbagai Tempat – Sebelumnya kita sudah melihat Fenomena Fisika Hakikat Pergerakan Matahari Berdasarkan Al-Qur’an dan Fenomena Fisika Meteor Jatuh dari Langit. sekrang kita akan melihat Fenomena Fisika menarik lainnya yaitu : Perbedaan Suhu Air Mendidih di Berbagai Tempat

Perbedaan Suhu Air Mendidih di Berbagai Tempat

Pada umumnya air mendidih pada suhu 100 derajat celcius. Mungkin ada diantara kita yang beranggapan bahwa suhu di pantai lebih panas dibanding dengan suhu di pegunungan, sehingga kenaikan suhu air untuk mencapai titik didih lebih cepat dibandingkan dengan jika suhu di sekitarnya lebih dingin. Pada kenyataannya tidaklah demikian.

Mengapa?

  • Hal ini dipengaruhi oleh tekanan udara disekitarnya;
  • Nilai 100 derajat Celcius adalah titik didih air pada tekanan udara normal yaitu 1 atm (atmosfer) atau setara dengan 76 cmHg.
  • Tekanan udara di dataran rendah lebih tinggi dibanding tekanan udara di pegunungan.
  • Tekanan udara dipengaruhi oleh kerapatan udara. Jikatekanan udara besarmaka kerapatan udara menjadi besar pula.Jadi air akan cepat mendidih di daerah pegunungan daripada di pantai dikarenakan titik didih di pegunungan < 100 derajat Celcius.
    Pembuktian sederhananya dapat kita lihat pada panci presto. Pada suhu 100 derajat celcius air di panci presto belum mendidih.
    Sekian!

Perbedaan Suhu Air Mendidih di Berbagai TempatPerbedaan Suhu Air Mendidih di Berbagai Tempat

Perbedaan Suhu Air Mendidih di Berbagai Tempat | lookadmin | 4.5