Close Klik 2x

Peranan Asam, Basa, dan Garam dalam Kehidupan

Advertisement

Peranan Asam, Basa, dan Garam dalam Kehidupan – Pada topik sebelumnya, kalian telah mengenal apa itu asam, basa, dan garam. Kalian juga telah mempelajari cara mengidentifikasi zat dan memahami derajat keasaman (pH). Sebenarnya apa saja peranan asam, basa, dan garam dalam kehidupan kita sehari-hari? Apa saja contoh zat asam dan basa yang ada di sekitar kita? Semua pertanyaan tersebut akan terjawab pada topik kali ini. Mari kita pelajari bersama!

Garam yang berperan dalam reaksi pembentukan sidik jari itu adalah natrium klorida (NaCl) yang berasal dari keringat. NaCl akan bereaksi dengan reagen pengendapan misalnya perak nitrat, kemudian akan terbentuk endapan AgCl yang berbentuk sidik jari. Endapan AgCl tersebut akan lebih jelas apabila dilihat di bawah sinyal UV. Selain garam tadi, zat apa lagi yang memiliki peranan penting dalam kehidupan sehari-hari? Rasa penasaran kalian akan terjawab pada topik ini. Ayo simak ulasan berikut.

Sejak dahulu kala, kita telah mengenal peranan beberapa zat yang termasuk kategori asam, basa, dan garam. Berikut ini beberapa penjelasan mengenai zat asam, basa, dan garam yang ada di sekitar kita.

1. Asam

Tabel di bawah ini merupakan contoh asam dan fungsinya dalam kehidupan sehari-hari.

2. Basa

Tabel di bawah ini merupakan contoh basa dan fungsinya dalam kehidupan sehari-hari.

3. Garam

Berikut ini contoh garam yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh Soal

Sebutkan dua contoh garam yang digunakan untuk memasak!
Penyelesaian:
Garam merupakan produk reaksi yang terbentuk dari reaksi asam dan basa. Contoh garam yang digunakan sebagai bahan masakan yaitu garam dapur (NaCl) dan garam inggris (MgSO₄)
Petunjuk:
Pahami tentang garam dan peranannya dalam kehidupan sehari-hari.

Peranan Asam, Basa, dan Garam dalam Kehidupan | lookadmin | 4.5