Close Klik 2x

Peradaban Lembah Sungai Kuning

Advertisement

Peradaban Lembah Sungai Kuning – Setelah mempelajari bahasan ini, kalian diharapkan dapat memahami tentang peradaban Cina Kuno yang berpusat di sepanjang Lembah Sungai Kuning dengan banyak kerajaan kecil sebelum dipersatukan oleh Kekaisaran Cina.

PERADABAN LEMBAH SUNGAI KUNING

Kebudayaan Cina Kuno terkenal dengan peninggalan kebudayaannya, terutama ajaran filsafat. Bagaimanakah masing-masing dinasti memerintah di Cina? Bagaimanakah corak kebudayaan mereka? Untuk mengetahui lebih lanjut, mari simak bahasan berikut.

PERADABAN LEMBAH SUNGAI KUNING

Lembah Sungai Kuning adalah pusat peradaban Cina Kuno, tepatnya terletak di Pegunungan Tibet dan bermuara di Laut Kuning. Disebut Sungai Kuning karena ketika musim penghujan datang dan debit air bertambah, maka aliran sungai akan membawa lumpur berwarna kekuning-kuningan. Lumpur inilah yang menjadikan Lembah Huang Ho sebagai daerah subur.
Potensi agraris ini dimanfaatkan masyarakat Cina Kuno untuk bercocok tanam, dikenal juga dengan sebutan Yang Shao. Dalam masa Cina Kuno, tumbuh beberapa Dinasti Kerajaan yang memerintah di Cina dengan peninggalan-peninggalan kebudayaan masyhur.
1) Pemerintahan
Dua jenis pemerintahan dari seluruh dinasti yang pernah memerintah di Cina Kuno, yaitu :
• Feodalisme, dimana Kaisar dianggap sebagai keturunan Dewa Langit sehingga ditempatkan sebagai sosok yang suci dan sakral. Karenanya pemerintahan tidak ditangani secara langsung.
• Unitarisme, dimana kekuasaan kaisar bersifat mutlak. Kaisar mengatur urusan kenegaraan dan politik.
2) Kepercayaan
Masyarakat Cina Kuno mengenal sistem polytheisme. Selain menyembah dewa-dewa, mereka juga memuja leluhur. Masyarakat percaya pada takdir bahwa apa yang terjadi adalah kehendak dewa yang sudah dituliskan dalam Kitab atau Syu-Cing.
3) Kebudayaan
Beberapa peninggalan kebudayaan Cina Kuno yang masih mendapat porsi penting dalam kehidupan masa kini, antara lain :
• Filsafat
Filsafat adalah landasan untuk tradisi masyarakat. Di masa Cina Kuno banyak filsuf yang lahir seperti Kong Fu Tse (Konfusianisme), Lao Tse (Taoisme), dan Meng Tse.
• Sastra
Sastra Cina Kuno berkembang karena masyarakat Cina Kuno telah mengenal tulisan atau aksaranya sendiri. Penemuan kertas di masa Dinasti Han juga turut mempermudah proses dokumentasi dari karya sastra mereka.
• Bangunan
Arsitektur di masa Cina Kuno telah mengenal teknik yang tinggi. Pembangunan Tembok Besar Cina adalah salah satu bentuk pendirian bangunan dengan proses teknologi tinggi. Arsitektur lainnya yang juga dikenal adalah Kuil Dewa Langit yang ada di Beijing.
4) Dinasti
Berikut adalah beberapa dinasti yang memerintah di zaman Cina Kuno dengan peninggalan kebudayaan yang menonjol.
• Dinasti Shang
Bercorak kekaisaran. Pemerintahan dibantu oleh peramal dalam kegiatannya. Kaisar menjalankan kebijakan berdasarkan pertanda yang diberikan oleh peramal melalui berbagai media. Berpusat di Lembah Sungai Huang Ho dengan peninggalan kebudayaan berupa alat-alat perunggu, kereta kuda, dan tulisan. Kebudayaan mereka dikenal dengan sebutan Lung Shan.
• Dinasti Zhou
Kekaisaran didirikan oleh tiga orang Raja dari pemerintahan kota kecil. Wu, Wen, dan Chou memerintah dengan pusat kerajaan berada di Xian. Pada masa ini terjadi ketidakstabilan pemerintahan sehingga memaksa perpindahan ibu kota. Di zaman ini muncul beberapa pemikir besar Cina, seperti Kong Fu Tse dan Lao Tse.
• Dinasti Qin
Didirikan oleh Kaisar Shih Huang-ti dengan keberhasilannya mempersatukan wilayah Cina Kuno. Sistem pemerintahannya telah berubah menjadi sistem unitarisme dengan membentuk propinsi-propinsi kecil. Beberapa peninggalan kebudayaan di zaman ini, antara lain, pemberlakuan undang-undang, serta penyeragaman tulisan dan mata uang.
• Dinasti Han
Masa pemerintahan dinasti ini paling panjang dibandingkan masa pemerintahan dinasti lainnya. Kaisar terkenal adalah Han Wu-ti dengan landasan pemerintahannya pada ajaran Konfusianisme dari Kong Fu Tse. Wilayah kekuasaan dinasti ini sangat luas, dengan pembentukan jalur dagang sendiri yaitu Jalan Sutera yang menghubungkan Cina dengan Romawi.

RANGKUMAN

1) Lembah Sungai Kuning atau Hoang Ho adalah pusat kebudayaan karena kondisi sepanjang aliran sunga yang subur.
2) Kerajaan-kerajaan kecil di aliran sungai ini dipersatukan di masa Kekaisaran Cina (Shih Huang Ti) dan mencapai kejayaannya dengan mewariskan beberapa peninggalan bersejarah.

 

Peradaban Lembah Sungai Kuning | lookadmin | 4.5