Close Klik 2x

Pentingnya Tumbuhan dan Hewan Bagi Manusia

Advertisement

Pentingnya Tumbuhan dan Hewan Bagi Manusia – Coba sejenak kita ingat makanan apa saja yang kita makan tadi pagi. Sebagai contoh: nasi, telur, tempe, sayur, daging, dan susu yang kita konsumsi merupakan hasil alam yang mudah kita temukan dalam menu makanan sehari-hari. Semua bahan makanan tersebut sangat menyehatkan bagi tubuh kita.

Hewan dan tumbuhan merupakan sumber daya alam hayati, yaitu sumber daya alam yang berupa makhluk hidup. Makhluk hidup merupakan sumber daya alam yang bersifat dapat diperbarui, artinya bahwa hewan dan tumbuhan tidak akan pernah habis selama ada upaya untuk mengembangbiakkan mereka. Hewan dan tumbuhan telah disediakan oleh lingkungan alam kita. Sejak berabad-abad yang lampau, manusia menggunakan sumber daya hewan dan tumbuhan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Peranan tumbuhan dan hewan tersebut dijelaskan berikut ini.

A. Manfaat Tumbuhan

1. Bahan pangan
Contoh: akar pada jenis umbi-umbi (singkong, wortel), batang pada tanaman sagu dan tebu, daun pada berbagai jenis sayuran (bayam, sawi), buah-buahan (mangga, jeruk), dan biji (beras, jagung).
2. Sumber vitamin
Contoh: tanaman yang kaya akan vitamin A seperti alpukat, belimbing, mangga, dan wortel, tanaman yang kaya akan vitamin B seperti kulit ari beras, jagung, dan kedelai, tanaman yang kaya akan vitamin C seperti jambu monyet, jambu biji, dan pepaya.
3. Bahan sandang/ pakaian
Contoh: kapas diolah menjadi bahan tekstil atau pakaian
4. Bahan obat-obatan dan kesehatan
Contoh: daun sirih (obat gatal), daun kumis kucing (obat batu ginjal), akar alang-alang (obat panas dalam), daun jambu biji (obat diare), rimpang kunyit/ temulawak, kencur, dan jahe sebagai jamu yang menyehatkan.
5. Bahan bangunan
Contoh: kayu-kayu yang keras seperti batang kelapa, bambu, jati, mahoni, dan meranti digunakan untuk membangun rumah.
6. Bahan baku industri
Contoh: industri minyak goreng (kelapa sawit), industri ban (getah karet), terpentin untuk cat (getah pinus), dan industri kertas (kayu pinus).
7. Bahan pewarna alami
Contoh: pewarna hijau (daun suji/ pandan), warna kuning (kunyit), warna ungu (bit), warna orange/ jingga (wortel), dan warna merah (cabai).
8. Penghasil minyak asiri dan pewangi
Contoh: penghasil minyak asiri (parfum, kosmetik), sebagai pewangi yaitu kayu putih, kemenyan, dan serai
9. Bahan penyedap masakan
Contoh: rempah-rempah (lada, pala, cengkeh, serai, dan jahe)
10. Menjaga keseimbangan alam
Tumbuhan mengurangi pencemaran CO₂ dan menyediakan O₂. Tumbuhan mampu menyerap CO₂ yang ada di atmosfer untuk digunakan sebagai bahan fotosintesis yang menghasilkan O₂ bagi makhluk hidup lain.
11. Mencegah terjadinya banjir dan erosi tanah
Contohnya akar tumbuhan yang kuat dapat menyerap air hujan yang masuk ke dalam tanah untuk mencegah banjir. Selain itu, akar tumbuhan juga dapat mengikat partikel tanah dan memperkuat kondisi tanah di atasnya sehingga tanah tidak mudah hanyut dibawa air hujan (mencegah erosi tanah).
12. Bahan kerajinan dan alat rumah tangga
Contohnya batang eceng gondok dianyam menjadi topi dan tas, biji-bijian untuk membuat pigura foto, telenan, dan sendok sayur dari kayu untuk keperluan memasak.
13. Bahan mebel/ furnitur
Contohnya rotan dianyam menjadi meja, kursi, box bayi, kayu jati, sengon, mahoni dibuat kursi, meja, dan lemari.

B. Manfaat Hewan

1. Bahan pangan
Contoh: daging (sapi, ayam, dan kambing), telur (ayam, bebek, dan burung puyuh), susu (sapi dan kambing).
2. Bahan sandang
Contoh: Kain sutra (ulat sutra), wol (bulu domba), jaket kulit (sapi, kerbau, dan ular)
3. Penghasil bahan kerajinan dan aksesoris
Contoh: kendang dan jimbe (kulit sapi), shuttle cock (bulu angsa), wayang kulit (kulit sapi), tas ( kulit ular dan buaya), ikat pinggang ( kulit ular, buaya, dan harimau), tanduk rusa dan kerbau sebagai hiasan.
4. Alat transportasi
Contoh: kuda (menarik delman), sapi dan kerbau (menarik gerobak).
5. Membantu pekerjaan manusia (penghasil tenaga)
Contoh: kerbau membajak sawah dan sapi menggiling tebu.
6. Penghasil pupuk organik
Contoh: kotoran sapi, kerbau, kambing, dan ayam
7. Menggemburkan tanah
Contoh: cacing tanah membuat rongga-rongga di tanah, sehingga udara dari luar masuk ke dalam tana. Dengan demikian, mempercepat proses dekomposisi (pembusukan) dalam tanah. Proses ini menyebabkan di dalam tanah tersedia banyak unsur hara. Tanah pun menjadi subur.
8. Pengurai bahan organik
Contoh: bakteri dapat menguraikan bahan organik yang ada di tanah.
9. Bahan obat
Contoh: ular dan kalajengking diambil bisanya, badak diambil culanya, kerang, siput, dan cacing diambil dagingnya untuk obat.

C. Bijak dalam Memanfaatkan Tumbuhan dan Hewan

Manfaat berbagai jenis hewan dan tumbuhan sangatlah besar. Oleh karena itu, manusia dapat membudidayakan dan mengupayakan bibit unggul tumbuhan dan hewan yang diperlukan untuk keberlangsungan hidupnya. Pemanfaatan hewan dan tumbuhan harus dilakukan seoptimal mungkin dengan memperhatikan faktor-faktor lingkungan. Hutan sebagai sumber yang melimpah untuk hewan dan tumbuhan dari bermacam-macam spesies dapat digunakan sebagai objek rekreasi, pariwisata, penelitian, dan pendidikan. Pengambilan hasil hutan harus dilakukan secara terkendali dan terencana. Tahap selanjutnya, berbagai tumbuhan dan hewan liar yang hidup di hutan dapat diteliti dan dikembangkan kegunaannya untuk menghasilkan bibit unggul yang bermanfaat, antara lain sebagai sumber makanan baru dan obat-obatan.

Pentingnya Tumbuhan dan Hewan Bagi Manusia | lookadmin | 4.5