Close Klik 2x

Pentingnya Klasifikasi Makhluk Hidup

Advertisement

Pentingnya Klasifikasi Makhluk Hidup – Pada topik sebelumnya, kamu telah mengetahui bahwa benda yang hidup berbeda dengan benda yang mati. Coba sekarang perhatikan di sekelilingmu. Kamu akan menjumpai berbagai jenis benda mati dan benda hidup. Banyak sekali bukan? Ingatlah pula saat kamu berada di supermarket. Di supermarket, kamu akan menemukan kelompok-kelompok barang yang tertata rapi, misalnya kelompok sayur-sayuran, buah-buahan, pakaian bayi, alat rumah tangga, dan sebagainya.

Pernahkah kamu memperhatikan berbagai macam hewan dan tumbuhan di lingkungan sekitar? Ada hewan buas, ada hewan peliharaan, ada yang bisa terbang, ada yang bisa berenang, dan lain-lain. Ada tumbuhan obat, tumbuhan hias, tumbuhan liar, dan lain-lain. Masih banyak lagi aneka makhluk hidup yang ada di bumi dengan beragam ciri dan sifat- sifatnya. Kalau demikian, bagaimana cara mempelajari makhluk hidup yang beragam tadi? Pasti akan sulit apabila tidak kita kelompokkan. Nah pada topik ini, kita akan belajar tentang pentingnya klasifikasi makhluk hidup tersebut.

A. Pengertian Klasifikasi Makhluk Hidup

Klasifikasi makhluk hidup adalah pengelompokan mahluk hidup berdasarkan persamaan dan perbedaan ciri yang dimilikinya. Ilmu yang mempelajari tentang klasifikasi mahluk hidup disebut dengan Taksonomi.

B. Tujuan Klasifikasi Makhluk Hidup

Tujuan klasifikasi makhluk hidup yaitu sebagai berikut.
1. Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan persamaan ciri-ciri yang dimiliki.
2. Mendeskripsikan ciri-ciri suatu jenis makhluk hidup untuk membedakannya dengan makhluk hidup dari jenis yang lain.
3. Mengetahui hubungan kekerabatan antar makhluk hidup.
4. Memberi nama makhluk hidup yang belum diketahui namanya.

C. Manfaat Klasifikasi Makhluk Hidup

Manfaat klasifikasi makhluk hidup yaitu sebagai berikut.
1. Memudahkan kita dalam mempelajari makhluk hidup yang sangat beraneka ragam.
Jika kita ingin mempelajari jumlah ruang jantung pada hewan kelas pisces, tentu tidak mungkin jika harus membedah jantung semua jenis ikan. Oleh karena itu, kita cukup membedah satu jenis ikan saja, misalnya ikan gurame untuk mengamati jumlah ruang jantung pada kelas pisces.
2. Mengetahui hubungan kekerabatan makhluk hidup yang satu dengan yang lain.
Marilah kita amati kelelawar, elang, dan tikus. Apakah kelelawar termasuk kelompok mamalia seperti tikus? Tikus dan kelelawar memiliki persamaan, yaitu keduanya menyusui anaknya (mamalia). Selain itu, tikus dan kelelawar bereproduksi dengan beranak/ melahirkan anaknya. Sementara itu, apabila kita bandingkan antara kelelawar dan elang, keduanya memiliki persamaan, yaitu memiliki sayap untuk terbang. Namun, kelelawar dan elang memiliki perbedaan, yaitu elang bereproduksi dengan bertelur, sehingga elang termasuk kelompok aves (bangsa burung).

D. Dasar-Dasar Klasifikasi Makhluk Hidup

Masing-masing makhluk hidup memiliki ciri-ciri yang membedakannya dengan makhluk hidup lain, tetapi ada beberapa makhluk hidup yang memiliki satu atau lebih persamaan. Bagaimana cara mengelompokkannya? Berdasarkan apa sajakah pengelompokan itu dilakukan? Marilah kita coba bandingkan antara sapi dan harimau. Perhatikan pada tabel berikut. Kita dapat melihat persamaan dan perbedaan antara kedua hewan ini.

Dasar pengelompokan makhluk hidup dapat dibedakan menjadi beberapa hal berikut ini.
1. Berdasarkan Persamaan
Berdasarkan tabel di atas, kita dapat mengetahui berbagai persamaan dan perbedaan ciri antara sapi dan harimau. Berdasarkan ciri-ciri yang kamu amati, termasuk golongan apakah sapi dan harimau? Dengan mengamati ciri-cirinya, kita dapat memasukkan sapi dan harimau ke dalam golongan hewan jenis mamalia karena memiliki kelenjar susu, rambut, daun telinga, dan berkembangbiak dengan cara melahirkan anaknya (beranak).
2. Berdasarkan Perbedaan
Perbedaan yang dapat kita amati antara sapi dan harimau pada tabel di atas adalah dalam hal jenis makanannya. Berdasarkan jenis makanannya, sapi termasuk herbivora (pemakan tumbuhan), sedangkan harimau termasuk golongan karnivora (pemakan daging).
3. Berdasarkan Ciri Morfologi dan Anatomi
Tabel di atas memberikan banyak gambaran bagi kita. Salah satunya adalah persamaan dan perbedaan di antara makhluk hidup. Persamaan dan perbedaan dari makhluk hidup dapat kita ketahui dengan mengamati bentuk luar dari tubuhnya, misalnya adanya kelenjar susu, rambut, dan daun telinga.
Pada tumbuhan, kita dapat mengamati beberapa ciri untuk mengelompokkannya. Ciri yang nampak dari luar disebut ciri morfologi, antara lain bentuk daun, warna bunga, jenis batang, tipe tulang daun, dan lain-lain. Sementara jika kita mengamati bagian dalamnya, misalnya ada tidaknya kambium, ada tidaknya xilem dan floem, maka ciri-ciri ini disebut ciri anatomi.
4. Berdasarkan Ciri Biokimia
Dasar untuk mengelompokkan makhluk hidup dapat pula dengan cara melihat ciri-ciri biokimia, misalnya, jenis-jenis protein, jenis-jenis enzim, dan jenis-jenis DNA. Cara klasifikasi ini dapat pula digunakan untuk menentukan hubungan kekerabatan antara makhluk hidup satu dengan yang lainnya.
5. Berdasarkan Manfaat
Pengelompokan ini bertujuan untuk memudahkan kita memanfaatkan suatu makhluk hidup. Contohnya kelompok makhluk hidup yang bermanfaat sebagai obat (jahe, kunyit, temulawak, sirsak, dan kencur).

Pentingnya Klasifikasi Makhluk Hidup | lookadmin | 4.5