Close Klik 2x

Pengukuran dengan Satuan Baku

Advertisement

Pengukuran dengan Satuan Baku – Pada topik ini kalian akan belajar tentang pengukuran dan alat ukur yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari serta besaran di dalamnya. Apa kalian pernah melihat perlombaan lari jarak pendek (sprint)? Dalam lari jarak pendek (sprint), seorang atlet (sprinter) harus berlari secepat mungkin untuk mencapai garis finish. Pemenang ditentukan dengan mengukur waktu tercepat yang ditempuh pelari dari start hingga garis finish. Nah, tahukah kalian alat ukur apa yang digunakan untuk menghitung waktu tempuh sprinter? Ya betul sekali, alat ukur yang biasa digunakan adalah stopwatch. Stopwatch adalah alat yang biasa digunakan untuk mengukur besaran waktu yang bersatuan sekon. Untuk mempelajari alat ukur dan besaran lainnya simak penjelasan lebih lanjut.


Pengukuran merupakan kegiatan terpenting dalam fisika untuk menganalisis gejala alam, seperti gerak, kalor, listrik, dan sebagainya. Gerak, kalor, dan listrik merupakan besaran turunan karena diturunkan dari beberapa besaran pokok. Besaran pokok merupakan besaran yang memiliki satuan tetap dan tidak diturunkan dari besaran lain, contoh panjang, massa, dan waktu. Tentunya besaran-besaran tersebut memiliki satuan yang berbeda-beda.

Dalam bidang pengetahuan, terdapat dua sistem satuan yang biasa digunakan, yaitu sistem metrik besar atau MKS (Meter Kilogram Second) atau Satuan Internasional (SI) dan sistem satuan metrik kecil atau CGS (Centimeter Gram Second). Satuan Sistem Internasional (International System of Units) yang disingkat satuan SI ditetapkan dalam konferensi umum tentang berat dan ukuran yang dikenal sebagai Conference Generale des Poids et Mesures(dalam bahasa Perancis) atau disingkat CGPM.

Panjang merupakan jarak dari satu titik ke titik lain. Satuan panjang dalam SI yaitu meter (m) dengan dimensi [L]. Satu meter didefinisikan sebagai jarak yang ditempuh cahaya dalam ruang hampa (vakum) selama 1299.792.458 sekon. Alat yang digunakan untuk mengukur panjang yaitu mistar, jangka sorong, dan mikrometer sekrup. Apa perbedaan ketiganya?

a. Mistar digunakan untuk mengukur panjang suatu benda, misalnya panjangnya meja.
b. Jangka sorong digunakan untuk mengukur diameter/ ketebalan suatu benda, misal ketebalan uang koin.
c. Mikrometer sekrup digunakan untuk mengukur diameter/ ketebalan suatu benda, misalnya diameter pensil. Mikrometer sekrup memiliki tingkat akurasi yang lebih baik dibandingkan jangka sorong. Oleh karenanya, mikrometer sekrup lebih teliti.

Besaran yang kalian pelajari selanjutnya, yaitu massa. Massa merupakan jumlah materi yang terdapat dalam suatu benda. Lalu, apa kalian tahu perbedaan antara massa dengan berat? Berat adalah besarnya gaya gravitasi bumi yang mempengaruhi massa benda sehingga gaya ini senantiasa mengarah ke pusat bumi. Massa memiliki satuan kg dalam SI dan gr dalam CGS serta berdimensi [M]. Satu kilogram merupakan massa satu kilogram standar silinder yang terbuat dari platina-iridium.

Besaran selanjutnya adalah waktu. Waktu memiliki satuan SI dan CGS yang sama, yaitu sekon. Satu sekon didefinisikan sebagai waktu yang diperlukan atom Cesium-133 untuk bertransisi dari dua tingkat energi dasarnya dengan bergetar sebanyak 9.192.631.770 kali. Waktu memiliki dimensi [T]. Selain ketiga besaran pokok di atas terdapat pula besaran pokok lain seperti pada tabel berikut.

Tidak hanya besaran pokok, beberapa besaran turunan juga memiliki satuan baku tersendiri. Tekanan dinyatakan dalam satuan pascal. Energi dinyatakan dalam satuan joule. Newton merupakan satuan dari gaya dan tesla adalah satuan dari intensitas magnet.

Contoh Soal

Kerata dengan relasi Madiun – Surabaya melaju dengan kecepatan 120 km/jam. Berapa kecepatan kereta tersebut dalam Satuan Internasional?
Penyelesaian
Diketahui:
v = 120 km/ jam
Ditanyakan: v dalam SI ?
Jawab:

1km=1000m 

1jam=60menit=3600sekon 

v=144kmjam 

v=1441000m3600sekon 

v=40m/s 

Jadi, satuan dalam SI adalah 40 m/s.

Pengukuran dengan Satuan Baku | lookadmin | 4.5