Close Klik 2x

Pengertian Sejarah Sebagai Kisah, Ilmu, dan Seni

Advertisement

Pengertian Sejarah Sebagai Kisah, Ilmu, dan Seni – History yang artinya masa yang telah lampau dari kegiatan manusia. Dalam bahasa arab kita mengenal istilah sajaratun, artinya pohon. Kalau kita melihat gambar silsilah raja-raja, secara sepintas seperti gambar pohon, karena itu sejarah dapat diartikan silsilah keturunan raja-raja yang merupakan peristiwa pemerintahan dan keluarga raja yang sudah lampau.

Sejarah bukan hanya membahas peristiwa masa lampau, masa kini, dan masa yang akan datang. Peristiwa masa lampau dijadikan pengalaman serta pelajaran untuk, masa kini. Sedangkan peristiwa masa kini dijadikan titik tolak kegiatan di masa mendatang.

A. Sejarah sebagai peristiwa

Sejarah sebagai peristiwa hakikatnya sudah tidak ada lagi, karena itu kita tidak mungkin mengamati atau menyaksikan peristiwa tersebut, yang bisa diamati adalah sejarah sebagai kisah, yaitu penelaahan sejarah sebagai peristiwa.

B. Sejarah sebagai kisah

Sejarah sebagai kisah adalah hasil karya sejarawan penulis seharusnya cocok dengan peristiwa sejarah masa lalu yang digambarkannya. Sejarawan penulis dapat mengetahui bahwa peristiwa masa lampau terjadi seperti yang dikisahkan, sebab dalam menyusun kisah masa lampau ia menggunakan dasar jajek-jejak peristiwa masa lampau.

Proses penyusunan sejarah sebagai kisah, menggunakan dari jejak-jejak yang ditinggalkan oleh sejarah sebagai peristiwa, dengan perkataan lain, sejarah sebagai peristiwa menjadi sumber sejarah sebagai kisah.

C. Sejarah sebagai ilmu

Sejarah dikatakan sebagai ilmu apabila sejarah memiliki syarat-syarat suatu ilmu yaitu; terdapat masalah sebagai objek, terdapat metode, tersusun sistematis, menggunakan pemikiran rasional dan kebenaran bersifat obyektif.

Syarat-syarat di atas dapat ditemui dalam ilmu sejarah sebagai:

  1. Masalah yang menjadi objek kajian sejarah ialah kejadian-kejadian dimasa lalu yang menimbulkan perubahan dalam kehidupan manusia dimana kejadian tersebut merupakan hubungan sebab-akibat.
  2. Metode sejarah adalah cara menangani bukti-bukti sejarah dan menghubungkannya serta memastikannya dengan bukti tentang asal-usul, yang kemudian ditafsirkan dengan melihat bukti masa lalu sehingga terlihat probabilitasnya.
  3. Kisah sejarah disusun dengan sistematis, berdasarkan tahun kejadian dan peristiwa yang mengawalinya.
  4. Kebenaran fakta sejarah diperolah dari penelitian sumber sejarah yang dikumpulkan dengan menggunakan rasio.
  5. Kebenaran fakta sejarah adalah objektif, karena penyusunan kisah sejarah harus berdasarkan fakta yang ada.

D. Sejarah Sebagai Seni

Sejarah merupakan seni, dalam dunia pendidikan, guru maupun siswa akan merasa senang dan terhibur apabila penulisan kisah sejarah menggunakan bahasa yang indah, komunikatif, sehingga tidak membosankan dan mudah dimengerti.

E. Kegunaan Sejarah

Guna instrinsik

Mempelajari sejarah bukanlah omong kosong. Dengan mempelajari sejarah, orang bisa menemukan aturan-aturan yang dapat menguasai kehidupan manusia. Ilmu sejarah bisa membuat kita bijaksana untuk menghadapi masa depan.

Guna ekstrinsik ialah sebagai pendidikan

a. Moral; Pergerakan nasional banyak memberi contoh tentang benar, salah, baik, buruk, berhak dan tidak, serta merdeka dan terjajah.

b. Politik; Setiap pemerintah selalu melakukan pendidikan kewarganegaraan untuk warga negaranya.

c. Perubahan; Sejarah ialah ilmu tentang perubahan. Dalam dunia yang semakin sempit ini, tidak ada yang lebih cepat daripada perubahan. Kaum politis yang tidak dapat mengantisipasi gelagat perubahan akan ketinggalan.

d. Keindahan; Pengalaman estetik akan datang sewaktu orang melihat candi, istana, gamelan, dan kota.

Pengertian Sejarah Sebagai Kisah, Ilmu, dan Seni | lookadmin | 4.5