Close Klik 2x

Pengertian Pidato, Khotbah, dan Ceramah

Advertisement

Pengertian Pidato, Khotbah, dan Ceramah – Seperti yang sudah diulas pada topik sebelumnya, pidato adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak atau paparan lisan yang disampaikan seorang pembicara kepada khalayak. Ceramah adalah pidato oleh seseorang dihadapan banyak pendengar mengenai suatu hal, pengetahuan, dsb. Khotbah adalah pidato yang biasanya menguraikan ajaran agama.

Pengertian Komentar
Komentar adalah ulasan atau tanggapan yang disampaikan seseorang terhadap isi berita atau pidato/khotbah/ceramah yang didengarnya. Seseorang juga dapat memberikan saran atau kritik terhadap pidato yang didengarnya.

Hal-hal Pokok dalam Pidato/Khotbah/Ceramah
Sebelum dapat memberikan komentar terhadap isi pidato seseorang, kita perlu memahami terlebih dahulu isi pidato secara keseluruhan. Pemahaman terhadap keseluruhan pidato dimaksudkan agar kita dapat menemukan hal-hal pokok yang disampaikan dalam pidato. Hal-hal pokok dalam pidato meliputi hal sebagai berikut.
1. Topik, yaitu tema atau permasalahan utama yang disampaikan dalam pidato;
2. Uraian masalah, yaitu pengembangan topik utama dalam pidato menjadi beberapa hal penting lainnya;
3. Solusi yang diberikan terhadap masalah yang diajukan.

Memberi Komentar tentang Isi Pidato/Khotbah/Ceramah
Setelah memahami hal-hal pokok tersebut, kita dapat memberi komentar terhadap pidato/khotbah/ceramah tersebut dengan syarat sebagai berikut.
1. Komentar yang diberikan harus santun, yaitu dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar serta menghindari kata-kata kasar yang dapat menyinggung;
2. Komentar yang diberikan harus disertai alasan atau pendapat yang logis.

Perhatikan Contoh

Contoh Komentar tentang Isi Pidato/Khotbah/Ceramah yang Santun
Perhatikan penggalan pidato berikut!

Saudara-saudara yang saya hormati,
Seiring bertambah majunya teknologi, mari kita memperluas wawasan kita seputar pemanfaatan teknologi tersebut. Salah satunya, kita perlu bijak saat menggunakan internet. Banyak sekali hal positif yang bisa diambil dari internet, seperti situs-situs e-learning yang dapat kita manfaatkan untuk belajar. Misalnya, ingin mempelajari materi yang tertinggal di sekolah, ingin belajar bahasa asing, atau ingin mempelari materi-materi pembelajaran lainnya pun maka kita dapat memanfaatkan internet.

Berdasarkan penggalan pidato tersebut, komentar yang dapat diberikan dengan santun adalah sebagai berikut.

Pidato tersebut sangat mendidik karena menyampaikan hal-hal bermanfaat seputar penggunaan internet bagi siswa. Dengan demikian, banyak siswa akan tertarik untuk memanfaatkan internet dalam hal-hal positif.

Poin Penting

  1. Pidato adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak atau paparan lisan yang disampaikan seorang pembicara kepada khalayak. Ceramah adalah pidato oleh seseorang dihadapan banyak pendengar mengenai suatu hal, pengetahuan, dsb. Khotbah adalah pidato yang biasanya menguraikan ajaran agama.
  2. Komentar terhadap pidato adalah ulasan atau tanggapan yang diberikan terhadap pidato yang disampaikan seseorang. Komentar juga dapat berupa saran dan kritik.
  3. Komentar yang diberikan terhadap isi pidato/khotbah/ceramah harus santun dan disertai alasan yang logis.
  4. Komentar yang santun yaitu komentar yang menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar serta menghindari kata-kata kasar yang menyinggung.
Pengertian Pidato, Khotbah, dan Ceramah | lookadmin | 4.5