Pengertian, Macam-macam, dan Ciri-ciri Paragraf Naratif

Pengertian, Macam-macam, dan Ciri-ciri Paragraf Naratif – A. Pengertian Paragraf

Menurut KBBI (2001: 828), Paragraf adalah bagian bab dalam suatu karangan (biasanya mengandung satu ide pokok). Menurut id.wikibooks.org (22/05/2013. 11:30), Paragraf atau alinea merupakan sekumpulan kalimat yang saling berkaitan antara kalimat yang satu dengan kalimat yang lain. Paragraf juga disebut sebagai karangan singkat, karena dalam bentuk inilah penulis menuangkan ide atau pikirannya sehingga membentuk suatu topik atau tema pembicaraan. Dalam 1 paragraf terdapat beberapa bentuk kalimat, kalimat-kalimat itu ialah kalimat pengenal, kalimat utama (kalimat topik), kalimat penjelas, dan kalimat penutup. Kalimat-kalimat ini terangkai menjadi satu kesatuan yang dapat membentuk suatu gagasan. Panjang pendeknya suatu paragraf dapat menjadi penentu seberapa banyak ide pokok paragraf yang dapat diungkapkan. Jadi paragraf adalah sebuah krangan yang mengandung ide pokok, kalimat utama, dan kalimat penjelas.

B. Paragraf Naratif

Menurut KBBI(2001: 774) Naratif adalah bersifat narasi; bersifat menguraikan (menjelaskan dsb): karangan yang naratif; bahwa mereka bersifat naratif. Prosa yang subyeknya merupakan suatu rangkaian kejadian. Menurut http://id.wikipedia.org (22/05/2013. 11:45), Naratif adalah salah satu jenis pengembangan paragraf dalam sebuah tulisan yang rangkaian peristiwa dari waktu ke waktu dijabarkan dengan urutan awal, tengah, dan akhir. Jadi, Paragraf naratif adalah bagian bab dalam suatu karangan yang bersifat narasi; bersifat menguraikan dan menjelaskan.

C. Macam-macam Paragraf

  1. Deskriptif
  2. Eksposisi/Ekspositif
  3. Argumentatif
  4. persuasif
  5. Naratif/Narasi

D. Paragraf naratif adalah

Paragraf narasi adalah paragraf yang menceritakan rangkaian kejadian atau peristiwa yang berurutan (kronologis) yang berupa fakta atau fiksi

E. Ciri-ciri Paragraf Naratif:

  1. Tokoh, tempat, waktu, atau suasana.
  2. Mementingkan urutan waktu.
  3. Terdapat didalam karya fiksi ataupun non fiksi.

F. Macam/pola Pengembangan Paragraf Naratif:

  1. Narasi ekspositorif adalah cerita yang benar-benar terjadi.
  2. Narasi sugestif adalah cerita yang menonjolkan khayalan.
Pengertian, Macam-macam, dan Ciri-ciri Paragraf Naratif | lookadmin | 4.5