Close Klik 2x

Pengertian, Hukum dan Kurva Permintaan

Advertisement

Pengertian, Hukum dan Kurva Permintaan – Apa yang dimaksud dengan permintaan? Dan cara apa saja yang dipakai untuk pembayaran Internasional? Mari kita cermati materi pelajaran kali ini.

1. PENGERTIAN PERMINTAAN

Permintaan adalah sejumlah barang yang akan dibeli atau yang diminta pada tingkat harga tertentu dalam waktu tertentu.

Misalnya seorang siswa sedang berbelanja di koperasi dan membawa uang Rp. 20.000, berikut adalah harga beberapa barang:
a. Jika sebuah buku tulis harganya Rp. 5.000 maka ia dapat membeli 4 buah buku
b. Jika sebuah buku tulis harganya Rp. 5.500 maka ia hanya dapat membeli 3 buah buku.
c. Jika sebuah buku tulis harganya Rp. 6.000, maka ia hanya dapat membeli 3 buah buku tulis.
d. Jika sebuah buku tulis harganya Rp. 7.000, maka ia hanya dapat membeli 2 buah buku tulis.
Sehingga dari contoh di atas, dapat dipahami pengertian permintaan di mana jumlah permintaan barang akan berbanding lurus dengan harga barang tersebut.

2. HUKUM PERMINTAAN
Hukum permintaan berbunyi: apabila harga naik maka jumlah barang yang diminta akan mengalami penurunan, dan apabila harga turun maka jumlah barang yang diminta akan mengalami kenaikan. Dalam hukum permintaan jumlah barang yang diminta akan berbanding terbalik dengan tingkat harga barang. Kenaikan harga barang akan menyebabkan berkurangnya jumlah barang yang diminta, hal ini dikarenakan:
• naiknya harga menyebabkan turunnya daya beli konsumen dan akan berakibat berkurangnya jumlah permintaan
• naiknya harga barang akan menyebabkan konsumen mencari barang pengganti yang harganya lebih murah.
• Naiknya harga barang akan membuat pemenuhan akan barang tersebut ditunda atau ditiadakan sama sekali
• Naiknya harga barang akan mempengaruhi tingkat kesejahteraan seseorang
• Naiknya harga suatu barang dapat menyebabkan kenaikan harga barang lainnya.

3. KURVA PERMINTAAN
Kurva Permintaan adalah kurva yang menunjukkan hubungan berbagai jumlah barang dan jasa yang dibeli oleh konsumen pada berbagai tingkat harga. Kurva ini akan menghubungkan titik-titik koordinat pada sumbu harga (sumbu Y) dengan sumbu jumlah barang (sumbu X).

Contoh tabel seorang siswa yang hendak membeli buku tulis:

Bila digambarkan dalam bentuk kurva, sebagai berikut:

4. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN

Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan diantaranya:

1. Selera
apabila selera konsumen terhadap suatu barang dan jasa tinggi maka akan diikuti dengan jumlah barang dan jasa yang diminta akan mengalami peningkatan, demikian sebaliknya. Contohnya: permintaan terhadap telepon genggam. Selera atau trend sangat mempengaruhi harga jual suatu barang. Selera konsumen sendiri dapat dipengaruhi melalui teknik marketing. Sehingga konsumen yang semula merasa tidak butuh terhadap suatu barang dapat dipengaruhi dengan iklan menjadi merasa butuh akan barang atau merek barang tertentu.

2. Pendapatan konsumen
Apabila pendapatan konsumen semakin tinggi akan diikuti daya beli konsumen yang kuat dan mampu untuk membeli barang dan jasa dalam jumlah yang lebih besar, demikian sebaliknya.
Pendapatan konsumen menjadi salah satu ciri kesejahteraan suatu negara. Semakin tinggi pendapatan penduduk suatu negara, maka negara tersebut dapat dikatakan sejahtera.

3. Harga barang/jasa pengganti
konsumen akan cenderung mencari barang atau jasa yang harganya relatif lebih murah untuk dijadikan alternatif penggunaan. Contohnya: bila harga tiket pesawat Jakarta-Surabaya sama harganya dengan tiket kereta api, maka konsumen cenderung akan memilih pesawat sebagai alat transportasi. Contoh lain: untuk seorang pelajar bila harga pulpen lebih mahal dari pensil, maka ia akan cenderung untuk membeli pensil.

4. Harga barang/jasa pelengkap
Keduanya merupakan kombinasi barang yang sifatnya saling melengkapi. Contoh: kompor dengan minyak tanah, karena harga minyak tanah mengalami kenaikan maka orang beralih menggunakan bahan bakar minyak tanah dan beralih ke bahan bakar gas.

5. Perkiraan harga di masa datang
Apabila konsumen menduga harga barang akan terus mengalami kenaikan di masa datang, maka konsumen cenderung untuk menambah jumlah barang yang dibelinya. Contoh: kenaikan harga BBM menyebabkan konsumen membeli dalam jumlah lebih banyak sehingga menimbulkan antrian di SPBU.

6. Intensitas kebutuhan konsumen
bila suatu barang atau jasa sangat dibutuhkan secara mendesak dan dirasakan pokok oleh konsumen, maka jumlah permintaan akan mengalami peningkatan. Contoh: kebutuhan akan bahan pokok beras, konsumen bersedia membeli dalam jumlah harga tinggi, walaupun pemerintah sudah menetapkan harga pokok.

Advertisement
Pengertian, Hukum dan Kurva Permintaan | lookadmin | 4.5