Close Klik 2x

Pengertian, Hukum Dan Kurva Penawaran

Advertisement

Pengertian, Hukum Dan Kurva Penawaran – Apa yang dimaksud dengan permintaan? Mari kita cermati materi pelajaran kali ini.

1. PENGERTIAN PENAWARAN
Penawaran adalah sejumlah barang yang ditawarkan pada tingkat harga tertentu dan waktu tertentu.
Sebagai contoh, pengusaha daging sapi memberikan penawaran harga sebagai berikut:

Terlihat di tabel, dengan harga Rp.22.000/kg, pegusaha daging tidak memberikan penawaran apa-apa namun ketika harga daging Rp.27.000/kg, pengusaha daging mampu menyediakan daging hingga 50 kg.

Macam-macam penawaran
• Penawaran Individual
Penawaran Individual adalah penawaran yang dilakukan oleh sekelompok produsen atau seorang pedagang dipasar.
• Penawaran Pasar
Penawaran Pasar adalah Penawaran yang dilakukan oleh sekelompok produsen atau sekelompok penjual di pasar.

2. HUKUM PENAWARAN
Hukum penawaran berbunyi: bila tingkat harga mengalami kenaikan maka jumlah barang yang ditawarkan akan naik, dan bila tingkat harga turun maka jumlah barang yang ditawarkan turun. Dalam hukum penawaran jumlah barang yang ditawarkan akan berbanding lurus dengan tingkat harga, di hukum penawaran hanya menunjukkan hubungan searah antara jumlah barang yang ditawarkan dengan tingkat harga.

Ringkasnya Hukum Penawaran : pada keadaan tertentu, penawaran jumlah barang atau jasa akan bertambah apabila terjadi peningkatan harga dan sebaliknya, penawaran jumlah barang atau jasa akan menurun apabila terjadi penurunan harga.

3. KURVA PENAWARAN
Kurva Penawaran merupakan tempat kedudukan titik-titik yang menunjukan hubungan antara berbagai jumlah barang atau jasa yang bersedia dijual atau ditawarkan oleh produsen atau penjual pada berbagai tingkat harga.

Jika dilihat dari bentuknya,kurva penawaran naik dari kiri bawah ke kanan atas. Para produsen/penjual akan lebih memilih menjual barang/jasa yang ditawarkannya pada tingkatt harga yang tinggi untuk memperoleh keuntungan atau laba.

5. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENAWARAN

a. Biaya produksi
komponen biaya produksi meliputi bahan baku ataupun gaji karyawan. Apabila produksi tinggi, produsen akan mengurangi jumlah produksinya sehingga penwaran barang/jasa akan berkurang dan sebaliknya. Sehingga produsen dapat mempertahankan harga di tingkat yang menguntungkannya (harga tidak turun).

b. Teknologi
semakin maju teknologi akan dapat mengurangi biaya produksi maka semakin tinggi penawaran suatu barang/jasa yang juga akan menguntungkan konsumen karena harga yang ditawarkan lebih rendah.

c. Pajak atau subsidi
akibat pajak yang tinggi akan membuat biaya produksi meningkat dan penawaran barang/jasa akan berkurang. Pemberian subsidi merupakan salah satu cara yang dapat mengurangi biaya produksi sehingga akan menambah jumlah produksi. Demikian halnya untuk barang ekspor, penghapusan biaya ekspor mampu meningkatkan produksi barang untuk ditawarkan di pasar luar negeri.

d. Perkiraan harga barang/jasa di masa mendatang
produsen/penjual memperkirakan harga barang/jasa yang mereka tawarkan/jual di masa mendatang, maka mereka akan cenderung menahan/menyimpan terlebih dahulu barang/jasa yang ia tawarkan. Bila ini terjadi, pemerintah akan melakukan operasi pasar untuk mencegah kelangkaan barang di pasar.

e. Jumlah produsen
semakin banyak produsen yang ada di pasar, semakin banyak pula barang/jasa yang ditawarkan.

Pengertian, Hukum Dan Kurva Penawaran | lookadmin | 4.5