Close Klik 2x

Pengertian dan Macam-macam Majas

Advertisement

Pengertian dan Macam-macam Majas – A. Pengertian Majas

Menurut KBBI (1988: 615), majas adalah cara melukiskan sesuatu dengan jalan menyamakan dengan sesuatu yang lain (KBBI. 1988: 615).

Sedangkan menurut Wijaya (2005: 43), majas (gaya bahasa) adalah pemakaian kata-kata kiasan dan perbandingan yang tepat untuk melukiskan sesuatu yang membentuk plastik bahasa. Plastik bahasa adalah daya cipta pengarang dalam membuat suatu karangan dengan mengemukakan pemilihan kata yang tepat, memungkinkan “tenaga” yang sesuai dengan buah pikiran dan perasaan yang dikandung di dalam karya itu.

Senada dengan kedua pendapat di atas majas adalah cara melukiskan sesuatu dengan cara menyamakan dengan sesuatu yang lain atau disebut juga kiasan (Tim Edukatif. 2007: 14).

Dari beberapa pendapat di atas, maka dapat disimpulkan bahwa majas adalah kata-kata berupa kiasan yang menggambarkan sesuatu dengan cara membandingkan dengan sesuatu yang lain sehingga hal yang abstrak menjadi konkret.

B. Macam-macam Majas

  1. Personfikasi
  2. Metafora
  3. Hiperbola
  4. Litotes
  5. Simile
  6. Metonimia
  7. Ironi

C. Hiperbola

  • Hiperbola adalah ucapan (ungkapan, pernyataan) kiasan yang dibesar-besarkan (berebih-lebihan), dimaksudkan untuk memperoleh efek tertentu (KBBI. 1988: 353).
  • Hiperbola adalah majas yang dipakai jika seseorang hendak melukiskan peristiwa atau keadaan dengan cara yang berlebih-lebihan dari sesungguhnya (Wijaya, Andri. 2005: 44).
  • Hiperbola adalah kiasan yang mengandung pernyataan berlebih-lebihan (baik jumlah, ukuran, atau sifat) dengan tujuan untuk menekankan atau memperhebat (Isdriani, Pudji. 2009: 14).

Dari beberapa pendapat di atas maka dapat disimpulkan bahwa hiperbola adalah kiasan yang merupakan pernyataan-pernyataan yang berlebihan atau melebihi kanyataannya dengan tujuan untuk memperhebat.

D. Comtoh Hiperbola

Karawang Bekasi

Kami yang kini terbaring antara Karawang-Bekasi Tidak bisa teriak “Merdeka” dan angkat senjata lagi Tapi siapakah yang tidak lagi mendengar deru kami Terbayang kami maju dan berdegap hati? Kami bicara padamu dalam hening malam sepi Jika dada rasa hampa dan jam dinding yang berdetak Kami mati muda.Yang tinggal tulang diliputi debu Kenang, kenanglah kami Kami sudah coba apa yang kami bisa Tapi kerja belum selesai, belum bisa memperhitungkan arti 4-5 ribu jiwa Kami cuma tulang-tulang berserakan Tapi adalahkepunyaanmu Kaulah lagi yang tentukan nilai tulang-tulang berserakan Ataukah jiwa kami melayang untuk kemerdekaan, kemenangan, dan harapan Atau tidak untuk apa-apa Kami tidak tahu, kami tidak bisa lagi berkata Kami berbicara padamu dalam hening melam sepi Jika dada rasa hampa dan jam dinding yang berdetak Kenang, kenanglah kami Menjaga Bung karno Menjaga Bung Hatta Menjaga Bung Syahrir Kami sekarang mayat Berilah kami arti Berjagalah terus di garis batas pernyataan dan impian Kenang-kenanglah kami Yang tinggal tulang-tulang diliputi debu Beribu kami terbaring antara karawang dan Bekasi

Dari puisi di atas yang termasuk majas hiperbola adalah :

  • Yang tinggal tulang-tulang diliputi debu
  • Beribu kami terbaring antara karawang dan Bekasi
Pengertian dan Macam-macam Majas | lookadmin | 4.5