Pengertian dan Karakteristik Mobilitas Sosial

Pengertian dan Karakteristik Mobilitas Sosial – Setelah mempelajari bahasan ini, Anda diharapkan mampu memahami mengenai pengertian dan karakteristik mobilitas sosial.

PENGANTAR PEMBELAJARAN

Pada dasarnya setiap individu selalu merasa tidak puas terhadap status dan peran yang dimilikinya. Untuk meningkatkan status, individu dapat melakukan mobilitas sosial. Apakah pengertian mobilitas sosial ? Bagaimanakah karakteristik mobilitas sosial ? Mari simak bahasan berikut.

A. PENGERTIAN DAN BENTUK MOBILITAS SOSIAL

Pada dasarnya setiap individu selalu merasa tidak puas terhadap status dan peran yang dimilikinya. Itulah sebabnya, bila memungkinkan, individu akan berupaya melakukan mobilitas (gerak) ke lapisan sosial atas untuk memperoleh status sosial serta peran yang lebih terhormat. Namun, dalam proses mobilitas sosial tersebut, tidak tertutup kemungkinan bahwa individu dapat pula jatuh ke lapisan sosial bawah. Menurut para sosiolog, mobilitas sosial merupakan perpindahan posisi dari satu lapisan ke lapisan yang lain atau dari satu dimensi status ke dimensi lainnya.

Ada beberapa bentuk mobilitas sosial, yaitu :

1. Mobilitas Sosial Horizontal
Adalah peralihan individu atau obyek-obyek sosial lainnya dari suatu kelompok sosial ke kelompok sosial lainnya yang sederajat. Dalam hal ini, tidak terjadi perubahan status pada pelapisan sosial.

2. Mobilitas Sosial Vertikal
Ialah perpindahan individu atau obyek-obyek sosial dari suatu kedudukan sosial ke kedudukan sosial lainnya yang tidak sederajat. Sesuai dengan arahnya, maka terdapat dua jenis mobilitas sosial vertikal, yakni mobilitas sosial vertikal ke atas (social climbing) dan mobilitas sosial vertikal ke bawah (social sinking).

3. Mobilitas Antar Generasi
Merupakan perbedaan status yang dicapai individu dari status orangtuanya. Mobilitas antar generasi merupakan mobilitas vertikal yang tak hanya melibatkan diri individu, tetapi terjadi dalam dua generasi. Dalam tipe mobilitas antar generasi, terjadi pula mobilitas yang naik dan turun.

4. Mobilitas Intra Generasi
Merujuk pada mobilitas sosial yang dialami seseorang dalam masa hidupnya. Mobilitas intragenerasi merupakan mobilitas vertikal dalam generasi itu sendiri. Dengan perkataan lain, mobilitas intragenerasi terjadi pada diri seseorang. Dalam tipe mobilitas intragenerasi terjadi pula mobilitas ke atas dan bawah.

5. Mobilitas Lateral
Yakni perpindahan geografis antar lingkungan setempat, kota, dan desa. Perpindahan ini bisa mengakibatkan mobilitas sosial horizontal maupun vertikal.

6. Sanskritisasi
Yaitu proses melalui mana suatu kelompok kasta rendah sering dapat pindah status ke kasta yang lebih tinggi dengan jalan meniru gaya hidup kasta yang lebih tinggi.

B. KARAKTERISTIK MOBILITAS SOSIAL
Mobilitas sosial sebagai suatu proses yang berkesinambungan memiliki sejumlah karakteristik, di antaranya :
a) Mobilitas sosial dapat melibatkan individu atau sekelompok individu dalam masyarakat. Gerakan perpindahan bisa saja dilakukan secara individual, namun tak jarang melibatkan banyak orang seperti yang terjadi pada perkembangan negara berkembang menjadi negara maju sehingga turut meningkatkan taraf kehidupan banyak warganya.
b) Mudah-tidaknya individu atau sekelompok individu melakukan mobilitas sosial tergantung pada struktur sosial masyarakatnya.
c) Mobilitas sosial menimbulkan kecemasan dan ketegangan. Pada masyarakat dimana struktur sosialnya terbuka, individu senantiasa mengalami kecemasan akan kehilangan hak-hak yang dimiliki bila terjadi penurunan status, sehingga hampir seluruh waktunya mungkin dihabiskan untuk berupaya mempertahankan kedudukan. Sebaliknya, juga muncul ketegangan dalam mempelajari peran baru jika terjadi kenaikan status.

d) Perubahan dalam mobilitas sosial ditandai oleh perubahan struktur sosial yang meliputi hubungan antar individu dalam kelompok dan antara individu dengan kelompok. Dalam hal ini, sering terjadi keretakan hubungan antar anggota kelompok primer, karena ada anggotanya yang berpindah ke status yang lebih tinggi ataupun lebih rendah.

Lebih lanjut, sejumlah sosiolog mencatat bahwa karakteristik lain mobilitas pada masyarakat modern ialah adanya pengaruh dari dua faktor berikut :

1. Faktor struktural, yakni jumlah relatif dari kedudukan tinggi yang bisa dan harus diisi serta kemudahan untuk memperolehnya. Faktor struktural tersebut di antaranya :
• Struktur pekerjaan
Setiap masyarakat memiliki sejumlah kedudukan tinggi dan kedudukan rendah yang harus diisi. Kedudukan tersebut biasanya berbeda jumlahnya dari satu masyarakat ke masyarakat yang lain. Masyarakat yang kegiatan ekonominya terutama tergantung pada bidang pertanian serta bahan-bahan baku (pertambangan dan kehutanan) memiliki banyak kedudukan yang berstatus rendah, sedikit kedudukan berstatus tinggi, dan mobilitasnya relatif rendah. Ini bertolak belakang dengan tingkat mobilitas, baik pada negara-negara kapitalis maupun sosialis yang cenderung meningkat seiring lajunya industrialisasi.
• Perbedaan fertilitas
Meskipun belakangan ini perbedaan tingkat kelahiran semakin kecil, namun pernyataan “orang kaya semakin kaya, orang miskin punya semakin banyak anak” masih harus diakui kebenarannya. Orang kaya semakin kaya karena berhasil menambah jenis pekerjaan yang berstatus tinggi dan membatasi tingkat kelahiran. Sebaliknya, orang miskin yang memiliki banyak anak akan sulit melakukan mobilitas sosial.

2. Faktor individu, yang mengacu pada kualitas individu, baik ditinjau dari segi pendidikan, keterampilan, penampilan fisik, bahkan faktor kemujuran yang nantinya akan menentukan keberhasilan mencapai suatu kedudukan.

RANGKUMAN

1) Mobilitas sosial merupakan perpindahan posisi dari satu lapisan ke lapisan yang lain atau dari satu dimensi status ke dimensi lainnya.
2) Beberapa karakteristik mobilitas sosial, antara lain, melibatkan individu atau sekelompok individu, dapat berlangsung secara vertikal (ke atas dan bawah) maupun horizontal, tergantung pada struktur sosial masyarakat, menimbulkan kecemasan dan ketegangan, serta ditandai oleh perubahan struktur sosial.

Pengertian dan Karakteristik Mobilitas Sosial | lookadmin | 4.5