Close Klik 2x

Pengertian dan Jenis-Jenis Surat Niaga

Advertisement

Pengertian dan Jenis-Jenis Surat Niaga – Siswa mengetahui macam-macam surat niaga.

Kompetensi perihal surat-menyurat/korespondensi kurang mendapat tempat, baik di keluarga maupun masyarakat. Akibatnya, pemahaman kita terkait hal ini sangatlah kurang. Banyak dari kita belum mampu bagaimana menulis surat dengan benar. Kesalahan EYD, kalimat efektif, bahkan struktur surat masih sering ditemukan di dalam surat-surat yang kita baca.

Materi ini adalah satu usaha mengurangi kesalahan-kesalahan tersebut. Ada harapan bahwa dengan memahami seluk-beluk surat, kelak siswa akan mampu menulis surat dengan benar. Pada materi kali ini kita akan memahami segala hal terkait surat niaga/dagang.

Pengertian Surat Niaga

Surat dagang atau disebut juga dengan surat niaga adalah surat yang berhubungan dengan kepentingan dagang atau niaga. Surat ini dikeluarkan oleh badan/perusahaan untuk menjalankan kepentingan usaha.

Berikut ini adalah macam-macam surat niaga.
1. Surat penawaran barang,
2. Surat permintaan penawaran barang,
3. Surat pemesanan,
4. Surat klaim,
5. Surat pengantar barang,
6. Surat perjanjian, dan
7. Surat kuasa.

Berikut adalah penjelasan jenis-jenis surat di atas.

1. Surat penawaran barang
Surat penawaran barang adalah surat yang dikeluarkan oleh suatu badan usaha untuk menawarkan barang yang dijual. Surat pemesanan barang biasa terjadi antara perusahaan satu (penjual) dengan perusahaan yang lain (calon pembeli) sehingga surat ini akan menimbulkan ikatan kerja sama.

2. Surat permintaan penawaran barang
Jenis surat ini biasanya adalah kelanjutan dari surat penawaran barang yang telah diajukan oleh pihak penjual kepada calon pembeli. Calon pembeli yang merasa tertarik akan mengirimkan jenis surat ini kepada pihak penjual dengan meminta penjelasan terkait rincian barang, harga, cara pembayaran, dan cara pengiriman barang.

3. Surat pemesanan
Surat ini adalah kelanjutan atas proses korespondensi antarperusahaan setelah pihak calon pembeli mendapatkan jawaban atas surat permintaan penawaran barang yang telah diajukannya. Calon pembeli yang telah mengetahui rincian produk beserta harganya tersebut biasanya akan membuat surat pemesanan barang.

4. Surat klaim
Surat klaim atau disebut juga dengan surat pengaduan barang adalah surat keluhan yang dikirimkan oleh pihak pembeli kepada penjual atas kekurangan/kerusakan barang yang telah diterima. Surat klaim harus dilampirkan dengan faktur pembelian sebagai bukti telah terjadi kesepakatan jual beli di antara kedua belah pihak.

5. Surat pengantar barang
Surat pengantar barang disebut juga dengan surat jalan. Surat ini adalah surat yang digunakan sebagai bukti tanda terima penyerahan barang kepada penerima.

6. Surat perjanjian

Surat perjanjian adalah surat yang dibuat pada saat transaksi dan digunakan sebagai bukti, baik itu jual beli, kontrak, penyewaan, maupun kerja sama. Surat ini bertujuan agar dalam perjanjian tidak ada satu pihak pun yang dirugikan. Surat ini berisi pasal-pasal yang harus disepakati oleh kedua belah pihak. Surat ini berkekuatan hukum sehingga apabila satu dari kedua belah pihak melanggar kesepakatan, sanksi dapat diberikan.

7. Surat kuasa
Surat kuasa adalah surat yang berisi pelimpahan wewenang dari perseorangan atau pejabat kepada orang atau pejabat lain sehingga pihak yang diberi wewenang dapat bertindak mewakili pihak yang memberi wewenang kekuasaan.

Tata Aturan Penulisan Surat Resmi

Surat niaga adalah surat resmi yang memiliki aturan dalam penulisan. Struktur umumnya mengikuti kaidah penulisan surat resmi sepertinya adanya kop surat, tempat dan tanggal surat, identitas surat, alamat surat, salam pembuka, pembuka, isi, penutup, salam penutup, dan nama pengirim surat.

Poin penting

Surat niaga adalah surat dagang. Dengan demikian, surat ini khusus dibuat untuk keperluan perdagangan, seperti jual beli, permintaan dan penawaran barang, surat klaim, dan surat kuasa. Surat dagang termasuk ke dalam jenis surat resmi yang memiliki tata cara dalam penulisan, baik itu bentuk maupun kebakuan bahasa.

Pengertian dan Jenis-Jenis Surat Niaga | lookadmin | 4.5