Pengertian dan Ciri-ciri Paragraf Deskripsi

Pengertian dan Ciri-ciri Paragraf Deskripsi – A. Pengertian

Menurut KBBI (2001:828), pa.ra.graf adalah bagian bab di suatu karangan (biasanya mengandung suatu ide pokok dan penulisannya dimulai dengan garis baru); alinea.

Menurut Kamus Istilah Sastra (1984:18), deskripsi jenis wacana yang menggambarkan bentuk obyek pengamatan, rupanya, sifatnya, rasanya, atau coraknya. Istilah lain: perian.

Dalam paragraf deskripsi penulis berusaha memindahkan kesannya kepada pembaca melalui daya khayalnya. Biasanya, gambaran yang dimunculkan dalam paragraf ini bersumber dari pencerapan indra.

Paragraf deskripsi adalah paragraf, atau karangan yang menggambarkan, menjelaskan atau menerangkan tentang sesuatu dengan terperinci, sehingga pembaca seolah-olah dapat melihat, mendengar, membaca, atau merasakan hal yang dideskripsikan.

Contoh:

Pasar Bringharjo adalah sebuah pasar yang sempurna. Semua barang ada disana. Di bagian paling depan berderet toko baju, sepatu, dan cendera mata untuk wisatawan baik dari dalam maupun luar negri. Di lantai dasar terdapat toko kain yang lengkap berderet-deret. Di samping kanan pasar terdapat penjual makan dan buah-buhan. Di samping kiri ada pula berjenis-jenis barang kuno. Pada bagian belakang kita dapat menemukan berpuluh-puluh pedagang daging. Belum lagi kita harus melihat lantai satu, dan dua yang menyediakan berbagai kebutuhan sembako, makanan ringan,jamu-jamuan, hingga barang loakan.

B. Pola Pengembangan Paragraf Deskripsi

1.Pola pengembangan pengamatan (observasi)

Dikembangkan dengan melakukan pengamatan terhadap objek yang akan dideskripsikan. Setelah itu, berusaha melukiskan objek yang diamati agar pembaca seolah-olah dapat melihat atau mengalami sendiri tentang objek yang dilukiskan.

2. Pola pengembangan fokus

Paragraf deskripsi fokus dikembangkan dengan berusaha menonjolkan suatu bagian objek yang dideskripsikan sehingga perhatian pembaca/pendengar tertarik pada bagian objek yang dideskripsikan itu. paragraf ini menggunakan pilihan kata atau kalimat yang tepat dan menarik perhatian pembaca/pendengar(Anton Suparyanta, Wendi Widya R.D, Diah Erna T. 2007:37).

C. Ciri-ciri paragraf deskripsi

  1. Dalam paragraf deskripsi, hal-hal yang menyentuh pancaindera (penglihatan, pendengaran, penciuman, pengecapan, atau perabaan) dijelaskan secara terperinci.
  2. Penyajian urutan ruang. Penggambaran atau pelukisan berupa perincian disusun secara berurutan, mungkin dari kanan ke kiri, dari atas ke bawah, dari depan ke belakang, dan sebagainya.
  3. Penggambaran benda atau manusia didapat dengan mengamati bentuk, warna, dan keadaan objek secara detail atau terperinci menurut penangkapan penulis.
  4. Unsur perasaan lebih tajam daripada pikiran (Tim Edukatif. 2007:23).

D. Contoh Soal

Kamar tamu di rumah eyangku sangat indah dengan arsitek bangunan Belanda.Di atas ruangan bergantungan beberapa lampu neon model kuno yang membuat ruangan ini cukup terang. Di langit-langit yang setinggi sekitar empat meter, diapit dua pasang lampu neon, ada sebuah exhaust fan, kipas angin penghisap, yang maksudnya tentu menghisap dan membuang bau yang kurang sedap di ruangan ini.

Paragraf di atas termasuk jenis paragraf . . .

a. Argumentasi

b. Narasi

c. Eksposisi

d. Deskripsi

e. Analog

Jawaban : d

Paragraf di atas melukiskan tentang isi ruangan bergantungan lampu neon model kuno, langit-langit ruangan yang setinggi sekitar empat meter, diapit dua pasang lampu neon, ada sebuah exhaust fan, kipas angin penghisap, yang maksudnya tentu menghisap dan membuang bau yang kurang sedap di ruangan ini. Paragraf tersebut disebut paragraf deskripsi.

Pengertian dan Ciri-ciri Paragraf Deskripsi | lookadmin | 4.5