Pengertian dan Ciri-Ciri Opini

Pengertian dan Ciri-Ciri Opini – Opini merupakan suatu perkiraan, pikiran, atau anggapan tentang suatu hal. opini adalah pendapat seseorang tentang sesuatu yang belum tentu kebenarannya. Opini disebut juga pendapat.

Pendapat merupan simpulan, peilaian, pertimbangan, dan keyakinan seseorang tentang fakta . pendapat dapat diterima atau ditolah karena kebenaran atau kemustahilan faktanya dan cara menghubungkan-hubungkan fakta secara absah.

Opini dalam sebuah informasi atau wacana berfungsi untuk menggali sumber informasi. Informasi disebut opini karena informasi tersebut masih berupa pandapat, pikiran, pandangan, atau pendirian seseorang.

Informasi dapat disebut opini apabila mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :

1. Berisi tanggapan terhadap peristiwa yang terjadi, berisi jawaban atas pertanyaan mengapa, bagaimana atau lalu apa

Contoh :

Kebijakan BBM bersubsidi di Indonesia akan memasuki fae baru jika dua harga BBM bersubsidi diberlakukan: Rp 4.500 untuk angkutan umum dn sepeda motor, serta Rp 6.500-Rp7.000 untuk mobil pribadi. Pilhan kebijakan dua harga ini muncul di tengah kebingungan pemerintah memilih antara tetap mempertahankan harga BBM bersubsidi serta risiko fiscal yang makin besar . dengan memberlakukan dua harga BBM pemerintah berharap dapat memminimalkan dampak social-ekonomi terhadap masyarakat dibandingkan dengan jika harga BBM bersubsidi seluruhnya dinaikkan. Tentu kebijakan menaikkan harga BBM bersubsidi secara menyeluruh tidak populis secara politik, apalagi pemilu akan dilangsungkan tahun depan.

2. Bersifat subjektif sehingga menurut pandangan atau pendapat seseorang

Berisi tentang pendapat, saran, ramalan tentang sebab dan akibat terjadinya peristiwa, serta menunjukkan peristiwa yang belum atau akan terjadi pada masa yang akan datang (baru berupa rencana).

Contoh :

Sebenarnya momentum kenaikan BBM bersubsidi itu ada pada satu-dua tahun lalu di bulan-bulan perekonomian mengalami deflasi. Tapi sayangnya pemerintah tidak berani. Sebaliknya
karena 2013 dipandang sebagai tahun politik, kenaikan harga BBM bersubsidi tanpa terkecuali akan menciptakan risiko politik yang sangat besar, khususnya bagi partai penguasa. Di tengah tekanan kenaikan harga beberapa komoditas saat ini, dampak inflasi akan lebih besar dari yang diperkirakan. Inilah harga yang harus dibayar pemerintah untuk sebuah keraguan.

Pengertian dan Ciri-Ciri Opini | lookadmin | 4.5