Pengertian Besaran Turunan

Pengertian Besaran Turunan – Besaran turunan adalah besaran yang diturunkan dari besaran pokok. Salah satu contoh besaran turunan adalah kecepatan. Kecepatan tergolong besaran turunan karena diturunkan dari besaran panjang dan waktu, sehingga kecepatan memiliki satuan meter per sekon.

Bagaimana lebih detailnya mengenai konsep besaran turunan ini? Yuk, kita perhatikan tabel dan pembahasan berikut ini.

Ingat

Tabel 1. Besaran-Besaran Turunan dan Satuannya

Beberapa satuan dalam besaran turunan memiliki nama lain, misalnya untuk frekuensi biasanya menggunakan satuan Hertz atau disingkat Hz. Meskipun demikian, artinya sama dengan 1/s.

Aplikasi
Untuk mengukur suatu besaran turunan, biasanya kita harus mengukur juga besaran pokoknya baik secara langsung maupun tidak langsung. Kita ambil contoh speedometer yang mengukur laju suatu kendaraan. Agar dapat menunjukkan angka kecepatan pengendara, speedometermemiliki bagian yang terhubung dengan putaran mesin. Dengan demikian, speedometer dapat mengidentifikasi kecepatan putaran mesin.

Jika putaran mesin tinggi, jarum speedometerakan menyimpang jauh dari titik nol. Begitu juga sebaliknya, jika putaran mesin rendah, jarumspeedometer akan menyimpang tidak jauh dari titik nol. Hubungan antara simpangan jarum dan kecepatan mesin ini telah diatur sehingga menunjukkan kecepatan kendaraan yang sebenarnya.

Pengertian Besaran Turunan | lookadmin | 4.5