Close Klik 2x

Pencemaran Tanah dan Cara Mengatasinya

Advertisement

Pencemaran Tanah dan Cara Mengatasinya – Pernahkah kamu menggali tanah dan menemukan kaca atau plastik di dalamnya? Dari mana plastik dan kaca itu berasal? Mengapa plastik dan kaca tersebut tidak terurai meskipun sudah lama terkubur dalam tanah? Untuk menjawabnya, mari kita pelajari topik berikut ini.

Selain air, tanah juga merupakan komponen penting dalam kehidupan. Tanah juga dapat tercemar oleh aktivitas manusia, baik dalam skala rumah tangga maupun industri. Pencemaran tanah dapat disebabkan oleh berbagai limbah rumah tangga, industri, dan limbah buangan lainnya yang tidak dapat diuraikan oleh mikroorganisme.

A. Limbah Rumah Tangga dan Industri

Sampah yang menumpuk di berbagai sudut kota ataupun di daerah buangan sampah dihasilkan oleh aktivitas manusia baik rumah tangga, pertokoan, pasar tradisional, industri, dan sebagainya. Limbah ini dapat berupa limbah padat maupun limbah cair. Limbah padat terdiri dari kertas, kain, karet, plastik, logam, aluminium, besi, dan lain sebagainya. Limbah ini terdiri juga dari sampah organik dan anorganik.

B. Limbah Buangan yang tidak dapat Diuraikan

Limbah yang dihasilkan manusia digolongkan menjadi limbah organik dan anorganik. Limbah organik berupa limbah yang dapat diuraikan, sedangkan anorganik umumnya sangat sulit dan bahkan tidak bisa diuraikan oleh mikroorganisme. Limbah plastik, karet, kaca, serat sintetik, maupun logam tidak dapat diuraikan. Kalaupun dapat diuraikan dibutuhkan waktu ratusan bahkan ribuan tahun.

 

Bahan-bahan yang tidak dapat diuraikan ini tidak dapat ditembus oleh air maupun akar tanaman. Akibatnya bahan ini akan mengganggu proses peresapan air ke dalam tanah dan mengganggu masuknya mineral yang berguna untuk menyuburkan tanah. Selain itu, bahan-bahan ini juga mengganggu aliran udara masuk ke dalam tanah, sehingga menyebabkan berkurangnya jumlah mikroorganisme dalam tanah.

C. Limbah Pertanian

Limbah pertanian yang dapat mencemari tanah adalah pestisida dan pupuk yang berlebihan. Beberapa spesies tumbuhan ternyata tidak tumbuh subur karena pH yang berubah. Demikian juga dengan pestisida yang berlebih akan bereaksi dengan unsur hara tanah sehingga mengurangi kesuburan.

Cara Mengatasi Pencemaran Tanah

Pencemaran tanah utamanya disebabkan oleh pembuangan sampah sembarangan di berbagai tempat yang ada. Kebanyakan sampah tersebut merupakan sampah anorganik yang tidak dapat diuraikan dengan sendirinya. Cara yang dapat kita tempuh untuk mengurangi dan mencegah pencemaran tanah :
1. Memisahkan sampah organik dan anorganik. Hal ini bertujuan untuk lebih mempermudah proses pengolahan lebih lanjut.
2. Membuang sampah pada tempatnya. Tidak membuangnya di sungai, danau, laut, ataupun tempat-tempat lainnya yang bukan untuk membuang sampah.
3. Mengolah sampah organik menjadi bahan yang lebih berguna. Misalnya membuat kompos, menolah kotoran ternak menjadi biogas, dan lain sebagainya.
4. Untuk sampah anorganik yang tidak bisa diuraikan sebaiknya di daur ulang menjadi bahan yang lebih berguna. Satu hal yang lebih penting adalah mengurangi penggunaan bahan-bahan plastik.

 

Pencemaran Tanah dan Cara Mengatasinya | lookadmin | 4.5