Close Klik 2x

Penamaan Senyawa Biner Molekuler dari Rumus Molekulnya

Advertisement

Penamaan Senyawa Biner Molekuler dari Rumus Molekulnya – Sistem penamaan International Union of Pure and Applied Chemistry (IUPAC) untuk senyawa molekul biner (molekul terikat secara kovalen antara dua atom bukan logam yang berbeda) memiliki dua bagian: Nama atom dalam molekul dan jumlah atom hadir. Rumus memberikan simbol dari setiap atom dengan nomor subscript yang menunjukkan jumlah atom untuk setiap non-logam.

Dengan demikian, ketika bekerja dari rumus penamaan senyawa, pertimbangkan dua hal:

Pertama, mengidentifikasi nama-nama atom yang ada. Hal ini mudah dilakukan dengan menggunakan tabel periodik, tetapi seorang mahasiswa kimia yang baik pasti akan mempelajari semua atom bukan logam lebih umum karena ia / dia akan menggunakannya berkali-kali dalam kursus.Perhatikan bahwa nama elemen kedua dalam formula berakhir di “-ida”, jadi klorin adalah klorida, bromin adalah bromida , dll

kedua Langkah adalah mengidentifikasi jumlah setiap atom dalam molekul dari awalan yang digunakan:
1 – mono / mon: ini hanya digunakan ketika hanya ada satu atom kedua, atom tunggal pertama tidak diawali;
misalnya CO – karbon monoksida bukan monocarbon monoksida
2 – di: misalnya. CO 2 – karbon dioksida
3 – tri: misalnya SCl 3 – sulfur triklorida
4 – tetra: misalnya CCl 4 – karbon tetraklorida
5 – penta
6 – hexa
Catatan: Bila tetra, penta dan heksa digunakan dengan oksida, “a” tidak digunakan;
misalnya O 5 adalah pentoksida bukan pentaoksida. Demikian pula “o” dari mono tidak digunakan, misalnya CO adalah karbon monoksida bukan monooxide karbon Urutan penulisan atom dengan rumusnya dan penyebutannya adalah. ditentukan oleh posisinya dalam Tabel Periodik.
Atom di sebelah kiri Tabel Periodik pergi pertama dan jika dua atom berada di Grup (kolom) yang sama , elemen yang lebih rendah di Grup biasanya pergi dulu.
Satu-satunya pengecualian adalah hidrogen, yang untuk tujuan penamaan dan menulis rumus kadang-kadang dianggap duduk di atas fluor dalam Grup 17 (VII), atau halogen lainnya.
Penamaan Senyawa Biner Molekuler dari Rumus Molekulnya | lookadmin | 4.5