Close Klik 2x

Pemecahan Masalah dengan Satuan Baku dan Tak Baku

Advertisement

Pemecahan Masalah dengan Satuan Baku dan Tak Baku – Pada topik sebelumnya kalian telah belajar tentang besaran dan satuan? Selain itu, kalian juga telah belajar tentang satuan baku dan tak baku. Tentunya kalian dapat membedakan keduanya bukan? Apa kalian bisa menyebutkan apa saja yang termasuk satuan baku dan tak baku beserta besarannya dalam kehidupan sehari-hari? Apabila kalian masih belum tahu, perhatikan ilustrasi berikut.

Cobalah untuk mengukur tinggi badan kalian menggunakan jengkal tangan. Berapa jengkal tinggi badan kalian? Lalu coba bandingkan tinggi badan kalian dengan teman kalian. Apa kalian menemui jumlah jengkal yang sama meskipun tinggi badan kalian berbeda? Itulah yang terjadi ketika mengukur panjang dengan satuan tak baku. Setiap orang akan mendapatkan hasil pengukuran yang berbeda. Jika demikian, coba kalian mengukur tinggi badan dengan meteran. Terlihat jelas perbedaannya bukan tinggi antara satu orang dengan orang yang lain?

Perbedaan penggunaan satuan pengukuran dapat menimbulkan beberapa masalah yang cukup serius. Misalnya saja insiden yang terjadi dengan Mars Climate Orbiter milik NASA.Mars Climate Orbiter mengalami kerusakan ketika menjalankan misi ke Mars pada September 1999 saat memasuki orbit Mars. Hal ini terjadi karena adanya miskomunikasi mengenai nilai gaya yang diberikan. Perbedaan penggunaan satuan antara program komputer dimana satu program komputer menggunakan satuan Newton sementara program lain menggunakan satuan pound force. Bayangkan berapa banyak usaha, waktu, dan uang yang terbuang sia-sia karena perbedaan penggunaan satuan. Oleh karena itu, penting sekali untuk mempelajari konversi satuan dari berbagai besaran baik itu besaran pokok maupun besaran turunan.

        Apa kalian tahu nilai konversi dari satuan tak baku ke satuan baku SI. Jika belum, berikut merupakan tabel konversi satuan tak baku yang sering digunakan untuk besaran panjang.

Berikut merupakan tabel konversi satuan untuk besaran massa yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Lalu bagaimana dengan besaran waktu? Satuan waktu yang umum digunakan selain sekon yaitu jam dan menit. 1 jam setara dengan 60 menit dan 1 menit setara dengan 60 sekon. Lalu 1 jam setara dengan berapa sekon? 1 jam sama dengan 3600 sekon. Selain penggunaan satuan tak baku pada besaran pokok, terdapat pula penggunaan satuan tak baku pada besaran turunan. Berikut merupakan tabel konversi satuan tak baku pada besaran turunan.

Contoh Soal

Seorang praktikan sedang melakukan eksperimen fisika. Dia menimbang besi bermassa 3 pon dan memotongnya menjadi dua bagian. Bagian kecil yang terpotong akan digunakan sebagai bahan uji sedangkan sisanya akan disimpan. Setelah ditimbang besi sebagai bahan uji ternyata memiliki massa sebesar 0,5 kg. Berapakah massa besi yang disimpan?
Penyelesaian
Diketahui:
mtotal = 3 pon
m1 = 0,5 kg
Ditanyakan: m2 ?
Jawab:
mtot=3pon 

mtot=3×0,4536kg 

mtot=1,3608kg 

m2=mtotm1 

m2=1,36080,5 

m2=0,8608kg 

Jadi, sisa besi tersebut bermassa 0,8608 kg.

Pemecahan Masalah dengan Satuan Baku dan Tak Baku | lookadmin | 4.5