Close Klik 2x

Pembentukan Ikatan Kovalen Koordinasi

Advertisement

Pembentukan Ikatan Kovalen Koordinasi – Pada topik sebelumnya, kita telah mempelajari ikatan kovalen koordinasi. Dalam topik ini, kalian akan mempelajari pembentukan ikatan kovalen koordinasi, termasuk bagaimana menggambarkan struktur Lewis dari ikatan tersebut.

Mari kita ingat kembali ikatan kovalen koordinasi sebelum masuk ke topik pembentukannya.

IKATAN KOVALEN KOORDINASI DAN PEMBENTUKANNYA

1. Ikatan Kovalen Koordinasi
Ikatan kovalen koordinasi adalah ikatan kovalen dengan pasangan elektron yang dipakai bersama bersumber dari salah satu atom.
Untuk lebih mengingatnya, mari kita perhatikan contoh berikut.

Example 1

Ikatan kovalen koordinasi dalam molekul SO3.

Pada molekul SO3, terlihat bahwa sumber elektron dari S (sebanyak 2 pasang) dipakai bersama dengan atom O. Pada struktur di atas digambarkan dengan anak panah yang mengarah dari atom pendonor (S) ke atom penerima yaitu oksigen (O).

Bagaimana ikatan kovalen koordinasi (dativ) terjadi? Mari cermati pembahasan berikut.
2. Pembentukan Ikatan Kovalen Koordinasi
Ikatan kovalen koordinasi merupakan salah satu bentuk ikatan kovalen. Perbedaannya terletak pada sumber pasangan elektron yang dipakai bersama. Jika pada ikatan kovalen, pasangan elektron yang dipakai bersama berasal dari kedua atom yang berikatan sedangkan pada kovalen koordinasi, pasangan elektron itu berasal dari salah satu atom saja.

Ikatan dativ dapat terbentuk antara atom yang memiliki pasangan elektron bebas stabil (oktet) dengan atom/ion yang belum stabil atau kekurangan elektron. Pembentukan ikatan dativ dapat terjadi jika:
– salah satu atom mempunyai elektron bebas; dan
– atom lain mempunyai orbital kosong atau setengah penuh.
Mari kita perhatikan contoh berikut.

Example 2

Pembentukan ikatan dativ dalam senyawa NH3.BCl3

Pembentukan ikatan dativ dalam senyawa NH3.BCl3 dapat terjadi karena atom N dalam NH3sudah berada pada kondisi oktet dengan satu pasang elektron bebas. Di sisi lain, atom B dalam BCl3 belum mencapai kondisi oktet meskipun semua elektronnya telah berpasangan. Kekurangan elektron atom B dapat terpenuhi melalui pemakaian bersama satu pasang elektron bebas dari atom N. Adanya pemakaian bersama ini menyebabkan atom N dan atom B dapat berikatan membentuk senyawa NH3.BCl3.

Proses terjadinya ikatan dativ antara dua senyawa tersebut digambarkan sebagai berikut.

Pembentukan Ikatan Kovalen Koordinasi | lookadmin | 4.5