Close Klik 2x

Pembagian Wilayah Laut Indonesia

Advertisement

Pembagian Wilayah Laut Indonesia – Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang seluruh wilayahnya dipersatukan oleh lautan. Bagaimanakah pembagian wilayah laut Indonesia? Mari cermati materi pelajaran kali ini.

      Laut di Indonesia secara umum terdiri atas tiga kelompok, yaitu Dangkalan Sunda (terdapat di wilayah Indonesia bagian barat), Dangkalan Sahul (terdapat di wilayah Indonesia bagian timur), serta laut-laut Mediterania yang terdapat di wilayah Indonesia bagian tengah.
1) Laut-Laut di Dangkalan Sunda
Di dangkalan ini terdapat terdapat beberapa laut dan selat, seperti Laut Jawa, Selat Malaka, Selat Karimata, Selat Sunda, Selat Gaspar, Selat Bangka, Selat Riau, dan Selat Berhala. Berbagai bukti menunjukkan bahwa laut dan selat di Dangkalan Sunda dahulu merupakan satu daratan dengan Benua Asia. Bukti-bukti tersebut, antara lain:
• Laut-laut dan selat-selat di dangkalan Indonesia bagian barat berkedalaman antara 29–50 meter.
• Terdapat bekas-bekas lembah sungai di dangkalan tersebut. Misalnya lembah sungai di Selat Karimata yang mengalir ke Laut Tiongkok Selatan dan bermuara di dekat Pulau Natuna. Sungai ini dinamakan Sungai Sunda Utara.
• Ikan-ikan yang hidup di sungai-sungai tersebut menunjukkan adanya kesamaan jenis, misalnya ikan karper.
• Adanya tanah liat dan pasir di dangkalan Indonesia Barat bagian selatan di dasar Laut Jawa.
• Ada biji timah putih di bagian barat dangkalan Indonesia Barat. Biji timah putih itu adalah endapan Sungai Sunda Utara dan juga anak-anak sungainya.
• Persamaan flora dan fauna di Indonesia Barat dengan Asia memperkuat keyakinan bahwa daratan Sunda dan Asia berasal dari satu daratan.

2) Laut-Laut di Dangkalan Sahul
Laut dan selat di dangkalan ini adalah Laut Arafuru, Teluk Carpentaria, dan Selat Torres. Bukti-bukti yang menunjukkan bahwa dangkalan Indonesia Timur dulunya merupakan satu daratan dengan Benua Australia adalah :
• Ada persamaan flora dan fauna di Australia dengan yang ada di Papua dan Kepulauan Aru.
• Ada lembah sungai di dasar Dangkalan Sahul. Beberapa sungai yang mengalir di bagian selatan Papua dan di bagian utara Australia sekarang merupakan anak-anak sungai yang mengalir ke laut-laut di Maluku.

3) Laut Mediterania
Di Indonesia bagian tengah, antara lain, terdapat Selat Makassar, Laut Flores, Laut Banda, Laut Buru, Laut Seram, Laut Maluku, Laut Halmahera, dan Laut Sulawesi. Laut-laut inilah yang menjadi muara sungai Sunda Timur, sungai-sungai di Kalimantan Timur, sungai-sungai di Papua Selatan, dan sungai-sungai di Australia Utara. Pada saat Dangkalan Sunda dan Dangkalan Sahul masih berupa daratan, laut-laut di Indonesia Tengah sudah berupa laut dalam dengan pulau-pulau di tengahnya. Di daratan Indonesia Tengah ini terdapat fauna Asia-Australia.

Palung Kei kedalamannya mencapai 7.440 meter dan Palung Sunda mencapai 7.450 meter. Kedua palung ini merupakan laut terdalam di antara laut-laut di Indonesia timur.

Berbagai potensi yang dimiliki wilayah laut Indonesia ialah:

a) Sumber mata pencaharian penduduk
Laut sangat kaya dengan ikan, hewan laut, dan tumbuh-tumbuhan laut. Semuanya ini dapat menjadi sumber mata pencaharian penduduk, seperti menangkap ikan bagi nelayan, menanam rumput laut, dan mencari mutiara.

b) Prasarana perhubungan laut
Laut dapat berfungsi sebagai prasarana perhubungan antar pulau dan antar negara. Pengangkutan barang dan manusia melalui kapal laut sangat efektif karena dapat menampung muatan besar.

c) Sebagai ekosistem bagi hewan dan tanaman laut
Laut merupakan tempat berkembangnya ekosistem laut karena ada wilayah laut dengan kedalaman tertentu yang hanya sesuai untuk ikan tertentu saja. Contohnya, ikan paus hanya bisa hidup di wilayah laut dalam. Demikian pula rumput laut, hanya bisa hidup di wilayah laut dangkal.

d) Gelombang laut dapat digunakan untuk pembangkit tenaga listrik.

e) Arus laut sangat berpengaruh terhadap kehidupan ikan
Wilayah-wilayah yang terdapat pertemuan arus laut akan banyak menghasilkan plankton-plankton sehingga menjadi habitat banyak jenis ikan.

f) Sebagai pengatur iklim
Dalam siklus hidrologi, air laut menguap karena sinar matahari, kemudian uap air tesebut berubah menjadi awan yang menyebabkan terjadinya hujan. Kondisi ini mempengaruhi kondisi iklim dan cuaca di wilayah daratan.

g) Sebagai tempat rekreasi penduduk
Pesisir pantai merupakan pemandangan yang indah sehingga banyak digunakan penduduk sebagai tempat rekreasi. Contohnya, Pantai Kuta di Bali, Pantai Pasir Putih di Lombok, dan Pantai Ancol di Jakarta.

h) Media pertahanan dan keamanan
Laut bisa dipakai sebagai media pertahanan dan keamanan. Contohnya, wilayah perairan Maluku pada PD II merupakan ajang pertempuran antara tentara Jepang denga tentara Sekutu.

i) Beting-beting pantai dapat menjadi tempat tinggal binatang karang. Di sini juga dapat tumbuh terumbu karang yang berfungsi menahan ombak.

j) Wilayah pantai merupakan tempat tumbuhnya hutan mangrove yang berfungsi mencegah abrasi.

Advertisement
Pembagian Wilayah Laut Indonesia | lookadmin | 4.5