Close Klik 2x

Pembagian Polinomial

Advertisement

Pembagian Polinomial – Di dalam pelajaran ini kita akan belajar mengenai bagaimana melakukan pembagian suku banyak polinomial.

Pertama mari kita mengingat bagaimana cara melakukan pembagian suku banyak reguler. Sebuah bilangan,n, disebut pembilang (dividend) dibagi oleh bilangan lain d yang disebut pembagi (divisor) yang menghasilkan hasil-bagi, q, dan sisa, r, dimana r<d dan n=d*q+r.

Mari kita lihat pada sebuah contoh,

Contoh 1: Bagi 321 dengan 5.

Maka 321=564+1. Dan kita melihat bahwa 64 adalah hasil-bagi dan 1 adalah sisa. 

 
Sekarang kita dapat menerapkan ide yang sama pada polinomial. Catat bahwa tiap digit mewakili pangkat 10. Maka ketika kita melihat pada polinomial, kita akan memertimbangkan derajat dari polinomial tersebut. Derajat dari polinomial adalah pangkat tertinggi untuk sebuah suku. Juga ingat bahwa sebuah polinomial hanya dapat memiliki bilangan cacah sebagai pangkatnya.
Contoh 2: Berapa derajat dari polinomial berikut ini, x4-5x7+3x+15x3?
Karena derajat tertinggi adalah x7, derajat dari polinomial adalah 7.
Untuk melakukan pembagian polinomial: Sebuah polinomial, p(x), disebut pembilang (dividend) dibagi oleh polinomial lainnya d(x) disebut pembagi (divisor) yang menghasilkan hasil-bagi, q(x), dan sisa, r(x), dimana derajat dari r(x)< derajat d(x) dan p(x)=d(x)q(x)+r(x).
Akhirnya sekarang kita dapat melihat pada sebuah contoh pembagian suku-banyak polinomial yang kerjanya sangat mirip dengan pembagian suku-banyak reguler.
Contoh 3: Bagi 3x4+2x3-4x2+5x+3 by x2+2

Maka kita melihat bahwa hasilnya adalah 3x2+2x-10 dengan sisa x+23. Dan kita menyatakan bahwa derajat dari sisa (1) adalah lebih rendah daripada derajat dari pembagi (2).

Advertisement
Pembagian Polinomial | lookadmin | 4.5