Pembabakan Zaman Prasejarah Berdasarkan Geologi

Advertisement

Pembabakan Zaman Prasejarah Berdasarkan Geologi – Setelah mempelajari bahasan ini, kalian diharapkan mampu memahami mengenai pembabakan zaman prasejarah berdasarkan geologi.

PENGANTAR PEMBELAJARAN

Zaman prasejarah terbagi atas beberapa zaman. Ini lazim disebut pembabakan. Bagaimanakah pembabakan zaman prasejarah berdasarkan geologi ? Mari simak bahasan berikut.

Geologi adalah ilmu yang mempelajari keseluruhan bumi. Dalam ilmu geologi fisik, bumi diklasifikasikan ke dalam empat zaman sebagai berikut :

1. Zaman Arkaekum
Zaman ini berlangsung kurang lebih 2.500 juta tahun yang lalu. Diyakini bahwa tidak ada kehidupan pada masa ini karena kondisi kulit bumi yang panas. Bumi masih mengalami perubahan atau penyesuaian menjadi bentuk yang lebih padat sehingga nantinya dapat didiami oleh manusia atau kehidupan. Bentuk bumi diibaratkan sebagai bola gas.

2. Zaman Paleozoikum
Zaman ini berlangsung lebih kurang 340 juta tahun yang lalu. Di bumi sudah ada kehidupan dengan mahluk hidup seperti mikroorganisme, ikan, reptil, dan binatang invertebrata. Zaman ini disebut juga dengan zaman primer. Paleozoikum dikategorikan lagi menjadi 5 zaman, yaitu :
a) Zaman Kambrium, diyakini sebagai waktu pembentukan endapan-endapan, terutama fosil atau jasad air, karena keadaan bumi pada masa itu sebagian besar adalah air.
b) Zaman Silur, ditandai mulai munculnya kelompok binatang baru seperti hewan bertulang belakang atau vertebrata. Juga diketahui bahwa pada zaman ini mulai terjadi perubahan iklim yang mengakibatkan munculnya kelompok binatang baru dan relief-relief alam lainnya.
c) Zaman Devon, pada zaman ini mahluk bertulang belakang bertumbuh semakin pesat dan juga muncul mahluk tak bertulang belakang yang hidupnya di laut atau air. Perubahan iklim juga disimpulkan semakin ekstrem dibandingkan zaman sebelumnya.
d) Zaman Karbon, zaman ini ditandai dengan jumlah karbon bebas di udara pada berbagai bagian bumi. Peninggalan penting dari zaman ini adalah pembentukan daratan baru menjadi benua. Daratan ini bergerak dengan sangat cepat hingga sampai ke posisi saat ini.
e) Zaman Perm, ciri khas dari zaman ini adalah pembentukan lapisan batu bara yang merupakan endapan fosil dari zaman terdahulu yang mulai muncul ke permukaan.

3. Zaman Mesozoikum
Zaman ini berlangsung kurang lebih 140 juta tahun yang lalu. Disebut juga zaman reptil karena pada masa ini jenis reptil mencapai jumlah yang sangat besar dan mendominasi berbagai wilayah bumi. Reptil yang menjadi ciri khas pada masa ini adalah dinosaurus. Mesozoikum disebut juga sebagai zaman sekunder. Dominasi reptil dinosaurus berakhir setelah terjadinya pergeseran lempeng bumi yang menyebabkan perubahan suhu secara ekstrem. Dinosaurus dan reptil lainnya yang termasuk kategori berdarah dingin tidak mampu beradaptasi sehingga mengalami kepunahan. Setelah punahnya dinosaurus dan hewan berdarah dingin lainnya, maka muncullah beberapa jenis burung baru dan binatang menyusui dengan tingkatan yang masih rendah.

4. Zaman Neozoikum
Disebut juga zaman kainozoikum atau zaman hidup baru. Dibedakan menjadi dua zaman utama, antara lain :
a) Zaman tersier
Zaman ini berlangsung sekitar 60 juta tahun lalu. Pada masa ini ditandai dengan perkembangan binatang menyusui, khususnya primata. Pada masa ini juga mulai terjadi persebaran tumbuhan ke berbagai daerah atau bagian bumi. Batu bara sudah muncul pula secara sempurna di lapisan bumi.
b) Zaman kuarter
Zaman ini ditandai dengan adanya kehidupan manusia. Dikelompokkan lagi menjadi dua masa berdasarkan perkembangan manusia di masanya, yakni Zaman Plestosen yang ditandai dengan adanya manusia purba dan Zaman Holosen yang terus berkembang sampai saat ini dan ditandai dengan munculnya manusia jenis Homo Sapiens dengan ciri-ciri seperti manusia sekarang.

RANGKUMAN

1) Dalam ilmu geologi fisik, bumi diklasifikasikan ke dalam empat zaman, yakni Zaman Arkaekum, Zaman Paleozoikum, Zaman Mesozoikum dan Zaman Neozoikum.
2) Masing-masing zaman ditandai oleh kondisi fisik atau pun keberadaan makhluk hidup yang khas.

 

Advertisement
Pembabakan Zaman Prasejarah Berdasarkan Geologi | lookadmin | 4.5