Close Klik 2x

Pemanfaatan Keragaman Hayati

Advertisement

Pemanfaatan Keragaman Hayati – Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam hayati sehingga sering dijuluki megadiversity country. Indonesia juga dikenal sebagai negara yang tingkat keterancaman akan punahnya keanekaragaman hayati (hot spot country) cukup tinggi.

Oleh karena itu, diperlukan kerja sama antara pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia untuk tetap melestarikan keanekaragaman hayati dengan tetap memanfaatkan sumber daya alam melalui prinsip ekoefisiensi.

Jumlah penduduk Indonesia yang dari tahun ke tahun menunjukkan pertambahan terus menuntut penyediaan bahan pangan yang tidak sedikit. Oleh karena itu, berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah bekerja sama dengan masyarakat guna mensosialisasikan kegiatan pertanian yang berkelanjutan.

Ini semua dilakukan demi mendukung ketersediaan pangan bagi penduduk, keperluan industri obat-obatan, dan juga untuk memenuhi kebutuhan industri kreatif.

Berikut ini upaya-upaya budidaya yang bisa dilakukan untuk mewujudkan keperluan di atas.

A. Pertanian berkelanjutan, melalui 2 (dua) aspek yaitu:

1. peningkatan kesuburan yang dilakukan dengan prioritas aplikasi bahan organik dan mikroba indigenous, seperti limbah organik rumah tangga, limbah peternakan, limbah pertanian, limbah industri makanan dan minuman dengan bahan baku organik, serta pemanfaatan jenis mikroba secara alamiah yang berperan penting dalam menyuburkan tanaman dalam interaksinya berupa simbiosa nodul dan mikoriza maupun non simbiotik seperti pemfiksasi nitrogen Azotobacter,

2. pengendalian hama terpadu (PHT), dengan komponen pemanfaatan predator alami, penggunaan varietas unggul tahan wereng, dan menjaga keseimbangan ekosistem (equilibrium ecosystem).

B. Budidaya tanaman perkebunan, utamanya adalah karet, kelapa sawit, dan kelapa.

C. Mengembangkan kawasan budidaya laut, dengan komoditas penting dan strategis yang akan dikembangkan meliputi ikan kerapu, kakap, lobster, bawal bintang, dan tuna.

Itulah artikel Pemanfaatan Keragaman Hayati. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda, baca juga artikel terkait lainnya.

Pemanfaatan Keragaman Hayati | lookadmin | 4.5